Home » Politik » Syarat Calon Independen Diperberat, KPU No Problem
Syarat Calon Independen  Diperberat, KPU  No Problem
Moh Adriatul Mokoagow

Syarat Calon Independen Diperberat, KPU No Problem

LUWUK—Sebagai penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) siap sedia menjalankan intruksi pemerintah pusat. Bahkan, terkait rencana diberatkannya syarat calon perseorangan (independen) pada Pilkada serentak 2017 mendatang, lembaga komioner tersebut no problem mengimplementasikan apa yang nantinya menjadi ketetapan perundang-undangan.
“Pada dasarnya kami siap melakukan itu. Apapun keputusan pemerintah pusat yang disahkan dalam Undang-undang sebagi dasar atau rujukan penyelenggaraan Pemilu,” tegas Komisioner KPU Bangkep, Moh Adriatul Mokoagow, Selasa (19/4).
Diketahui, usulan syarat calon perseorangan untuk mendaftar sebagai kepala daerah disesuaikan dengan syarat bagi calon yang diusung partai politik (parpol) mendapat respon positif oleh mayoritas fraksi di DPR-RI. Sejauh ini hanya fraksi Nasdem dan Hanura yang menolak, sedangkan sisanya ada yang belum menyatakan sikap.
Di Bangkep sendiri, meski belum dibukanya tahap pendaftaran dan penetapan calon namun, sejauh ini pergerakan sejumlah bakal calon independen mulai terlihat diantaranya, Delmard Siako yang telah mengumpulkan KTP dukungan masyarakat.
Meski tak menyatakan secara tegas nama-nama bakal calon independen, namun hal itu diamini Adriatul. Hanya saja, untuk kepastiannya tahapan pendaftaran dan penetapan calon adalah jawaban.
“Tapi mereka juga mendaftar kok di partai,” katanya.
Disampaikannya, sembari mempersiapkan sejumlah hal seperti masalah anggaran Pilkada, saat ini KPU Bangkep masih menunggu final dari revisi Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.
“Kalau semuanya sudah tuntas dan tahapan sudah berjalan seperti apapun kondisinya nanti KPU akan tetap melaksanakan Pilkada sebagaimana amanat yang diatur dalam Undang-undang,” pungkasnya.(man)

About uman