Home » Torang p Sekolah » Masih Curang, Banggai Belum Dapat Piagam
Masih Curang, Banggai Belum Dapat Piagam
Tasman Malusa

Masih Curang, Banggai Belum Dapat Piagam

LUWUK – Ujian Nasional SMP akan digelar tanggal 9 Mei 2016.  Pengalaman dari tahun sebelumnya pelaksanaan UN rentan dengan kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pihak sekolah. Buktinya, pada tahun 2015 dari 15 ribu SMP di Indonesia hanya sekitar  seribuan sekolah yang mendapatkan piagam penghargaan sekolah berintegritas dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk Kabupaten Banggai tidak ada satu pun sekolah yang mendapatkan piagam. Berbeda dengan Kabupaten Banggai Laut, terdapat dua sekolah yang mendapatkan piagam tersebut.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai mengatakan, piagam pernghargaan tersebut didapatkan oleh sekolah yang melakukan UN dengan jujur. Penilaian dilakukan sendiri oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian dilakukan dengan melihat lembar jawaban siswa, jika terdapat kesamaan dalam kesalahan jawaban ada indikasi sekolah tersebut melakukan kecurangan. “Kotornya lembar jawaban juga bisa menjadi penilaian,” ujarnya, Minggu (17/5).
Padahal, sekolah tidak perlu melakukan kecurangan, toh kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah bukan dari pusat. Peserta didik yang mempunyai nilai yang kurang bisa mengulang pada September 2016. “ Anak anak akan tetap lulus hanya saja nilai kompetesinya yang kurang. Tidak perlu takut, anak-anak akan tetap lulus,” pungkasnya. (tr-36)Tasman Malusa

About uman