Home » Luwuk Utara-Timur » Bangunan di Luksel Langgar Aturan
Bangunan di Luksel Langgar Aturan
Cristian Lego

Bangunan di Luksel Langgar Aturan

LUWUK SELATAN-Sejumlah bangunan di pinggir jalan yang terdapat di wilayah Kecamatan Luwuk Selatan (Luksel) melanggar aturan. Sebab, jarak antara bangunan dengan jalan sangat dekat.
Kepala Bidang Tata Ruang, Dispetarung Kabupaten Banggai, Cristian Lego, menyatakan, bangunan yang berdekatan dengan jalan tersebut, dibangun saat Pemerintah Daerah (Pemda) belum mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang jarak minimal bangunan dengan jalan. “Saat bangunan tersebut dibangun Perdanya belum keluar,” tuturnya, Jumat (15/4).
Meski demikian, kata dia, Pemda tak mati akal. Rencananya, bangunan tersebut akan dibebani pajak. Beban pajak tersebut bukan hanya bangunan yang dekat dengan jalan, melainkan bangunan labih tinggi.
“Bahkan kita akan beri reward bagi warga yang berani membongkar sebagian bangunannya agar bisa sesuai dengan jarak yang ditentukan Pemda,” tandasnya.
Saat ini, Perda tentang jarak bangunan dengan jalan sduah ada. Dengan demikian, pihaknya tidak akan membiarkan membangunan seenaknya saja. “Kami tidak akan izinkan,” pungkasnya. (ajy)

About uman