Home » Torang p Sekolah » Tim O2SN SMP Kabupaten Banggai Perbaiki Prestasi
Tim O2SN SMP Kabupaten Banggai Perbaiki Prestasi
Muh. Amin

Tim O2SN SMP Kabupaten Banggai Perbaiki Prestasi

LUWUK – Kabar menggembirakan datang dari Tim Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tim Kabupaten Banggai. Menurut Ketua Rombongan, Muhammad Amin berhasil memperbaiki prestasi dari juara 5 umum pada O2SN tahun 2015, menjadi juara 3 umum pad O2SN 2016.
Muhammad Amin menceritakan, tidak mudah bagi Kabupaten Banggai untuk bisa mendapatkan medali ema. Tidak hanya dengan keringat, namun juga bercampur darah. Pasalnya, pada cabang olahraga pencak silat, atlet Kabupaten Banggai sempat mengeluarkan darah dari hidungnya. Kerja keras atlet pencak silat dari Kabupaten Banggai terbayar dengan medali emas pertama untuk Kabupaten Banggai.
Walaupun senang dengan prestasi yang diraih oleh siswa perwakilan Kabupaten Banggai, Muhammad Amin sempat kecewa dengan kinerja juri dan wasit pada cabang olahraga karate. Para juri dinilai pilih kasih. Baginya, penampilan atletnya sudah sangat baik dibandingkan lawannya dari Kota Palu. Bahkan atlet Kota Palu sempat melakukan kesalahan pada gerakannya, namun mereka seperti tembok besar yang sulit untuk diruntuhkan pada cabang olahraga karate. Kota Palu meraih emas, dan Kabupaten Banggai harus puas dengan medali Perak. “Anak-anak kita bukan melawan atlet, melainkan melawan wasit dan juri,” pungkasnya, Jum’at (15/5).
Tak bisa menahan kekecewaan, Muhammad  Amin langsung mengutarakan kekecewaannya kepada Seretaris Dinas Pendidikan dan Pengajaran Sulawesi Tengah. Sekalipun sempat kecewa, Muhammad Amin mengaku senang dengan pelayanan panitia provinsi terhadap tim tamu dari luar Kota Palu. “Kinerja mereka hampir sempurna. Kami senang dengan kinerja panitia walaupun Kota Palu sering padam listrik,” ujarnya.
Perolehan medali Kabupaten Banggai di ajang O2SN SMP Tingkat Provinsi yakni 2 emas dari cabang olahraga pencak silat putra, dan bulu tangkis putri, 1 perak dari karate dalam pertandingan kata, 5 perunggu di cabang olahraga renang putri, atletik putri, bola voli putri, dan karate putri dalam cabang kata, dan komite putra. Sedangkan untuk juara umum 1, masih diraih oleh juara bertahan Kota Palu, disusul Kabupaten Parigi Moutong, lalu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut dan Kabupaten Banggai Kepulauan di posisi ke lima. (tr-36)

About uman