Home » Metro Luwuk » Angkatan Muda Muhammadiyah Somasi Satpol-PP
Angkatan Muda Muhammadiyah Somasi Satpol-PP
Seorang anggota angkatan muda Muhammadiyah mengamankan kembali bendera Muhammadiyah di kantor Satpol PP, Kamis (14/4).

Angkatan Muda Muhammadiyah Somasi Satpol-PP

LUWUK– Angkatan Muda Muhammadiyah mengecam tindakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) terkait dengan penertiban bendara yang di pasang di tugu adi pura. Pasalnya, tindakan yang dilakukan oleh instansi tersebut terkesan telah melecehkan organisasi yang telah berdiri sejak tahun 1912 tersebut.
“ini Muhammadiyah berdiri sebelum negara Indonesia terbentuk, dan sejarah juga mencatat bahwa bangsa ini berutang pada Muhammadiyah atas perjuangan kemerdekaan. Namun, apa yang terjadi hari ini, adalah bentuk dari pelecehan kepada organisasi, dan kepada kader. Kami Angkatan Muda Muhammadiyah mengecam tindakan ini,” ujar Faisal La Limu Mantan Ketua Cabang IMM Luwuk Banggai, Kamis (14/4).
Faisal juga mengatakan, pihak Satpol-PP terkesan pilih kasih dalam hal penertiban bendera. Sebab selama pengamatan PC IMM terdapat bendera lembaga lain yang tidak pernah di tertibkan oleh petugas di seputaran tugu Adi Pura Luwuk.
“Yang anehnya adalah Satpol-PP hanya tegas terhadap Muhammadiyah, bila ada bendera partai politik yang di pasang tidak pernah di cabut sama sekali. Dan bahkan bendera muhammadiya timbun begitu saja dalam gudang” ungkapnya.
Di samping itu juga ia menambahkan, pihaknya akan melakukan pemasangan kembali terhadap bendera tersebut hingga pada berakhirnya kegiatan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banggai.
“Apapun yang terjadi bendera harus di kibarkan kembali, bagaimanapun resikonya. Karna kami menilai pencabutan bendera itu sudah di cabut secara paksa” pungkasnya.
Terpisah, Kepala Satpol-PP Yoten Toleba mengatakan pihaknya melakukan tindakan penertiban tersebut berdasarkan pada peraturan yang berlaku tanpa ada indikasi lain dari kegiatan tersebut.
“Kami hanya menjalankan tugas berdasarkan Peraturan Bupati yang membahas tentang pelarangan dari adanya bendera, umbul-umbul, baleho, pada jarak 20 meter dari tugu adi pura itu sendiri,” ungkapnya. (tr-43)

About uman