Home » Ekonomi » Distan Target 1700 Hektare
Distan Target 1700 Hektare
Distan optimistis cetak sawah baru seluas 1700 hektare bisa terealisasi. Nampak salah satu areal persawahan di Kabupaten Banggai.

Distan Target 1700 Hektare

LUWUK – Dinas Pertanian Kabupaten Banggai menargetkan cetak sawah baru tahun ini mencapai 1700 hektare. Itu merupakan instruksi Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan tahun 2017 mendatang.
Kepala Dinas Pertanian, Haris Hakim menyatakan, perluasan areal tersebut se Inidonesia mencapai 200 ribu hektare. Sehingga pemerintah bekerja sama dengan TNI-AD. “Ditargetkan akhir 2017 sudah mencapai swasembada pangan,” papar Haris saat ditemusi seusai menggelar rapat koordinasi bersama dengan Kodim 1308 Luwuk Banggai, Selasa (5/4).
Hanya saja, hingga memasuki triwulan II tahun ini, Haris belum bisa memastikan jumlah areal yang sudah dicapai. Sebab, seluruh percetakan  sawah baru dimulai pada awal Februari. “Kecuali sudah selesai diolah dan siap tanam baru kami bisa menghitung yang terealisasi,” jelasnya.
Masih di tempat yang sama, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Infantri Sapto Irianto mengakui, tenggat waktu yang diberikan Kementerian Pertanian sudah semakin dekat, sementara permasalahan di lapangan belum dapat terurai secara keseluruhan. “Sudah itu kita gelar rapat-rapat seperti ini,” tegas Sapto.
Sapto menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mewujudkan program-program pemerintah. “Kita juga akan ke SKPD-SKPD,” terangnya. (ali)

About uman