Home » Metro Luwuk » Dana Desa Dibagi Dua Tahap
Dana Desa Dibagi Dua Tahap
Andi Nursyamsi

Dana Desa Dibagi Dua Tahap

LUWUK— Pemerintah Desa se Kabupaten Banggai diminta segera menyesuaikan penyusunan dokumen rencana kegiatan (DRK) masing-masing dengan memposisikan pencairan Dana Desa (DD) dalam dua tahap dengan komposisi 60 persen tahap pertama dan 40 persen tahap kedua.
Sebelumnya, pencairan Dana Desa dilakukan dalam tiga tahap yakni 40:40:20, sama seperti Alokasi Dana Desa (ADD) dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Namun, belakangan ini pemerintah pusat menerbitkan peraturan baru yang mengatur perubahan tahapan pencairan untuk Dana Desa.
“Dana desa harus disusun dua tahap, disesuaikan dengan perubahan peraturan pemerintah,” kata Kepala Bidang PMD, BPMPD Kabupaten Banggai, Andi Nur Syamsi, Selasa (4/4) kemarin.
Pencairan dua tahap dijelaskan dalam PP nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas PP nomor 60 tahun 2014 dana desa yang bersumber dari APBN.
Menurut dia, peraturan yang baru tersebut masih akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang diyakini akan terbit dalam waktu dekat ini.
“Kalau sudah ada PMK, rancangan peraturan bupati yang kami buat tinggal menyesuaikan,” kata Andi. (awi)

About uman