Home » Metro Luwuk » PNS Bisa Calon Kades
PNS Bisa Calon Kades
Andi Nursyamsi

PNS Bisa Calon Kades

LUWUK-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat di sejumlah kecamatan, dipastikan akan ramai dengan puluhan calon. Pasalnya, tidak hanya dari masyarakat biasa saja, melainkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) pun bisa mencalonkan.
Dalam Undang-Undang (UU) yang berlaku menyebutkan, PNS yang mencalonkan diri dalam pemilihan kepala Desa diperbolehkan, namun harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian, yakni Bupati.
“Itu ada dalam undang-undang nomor 6,” tutur Kabid Pemdes Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Andi Nursyamsi belum lama ini.
Kemudian pada poin ke dua, dalam hal PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1), terpilih dan diangkat menjadi Kades akan dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjabat tanpa kehilangan hak sebagai pegawai negeri sipil.
“Tapi sebelum mencalonkan terlebih dahulu buat pernyataan mengundurkan diri, namun ia tidak dipecat sebagai PNS,” pungkasnya. (ajy)

About uman