Home » Politik » Penyaringan Balonkada Nasdem
Penyaringan Balonkada Nasdem
Rudy Pakaya

Penyaringan Balonkada Nasdem

LUWUK—DPD Partai Nasdem Banggai Kepulauan (Bangkep) kini telah memasuki tahap penyaringan bakal calon kepala daerah (balonkada) yang sebelumnya berhasil dijaring melalui pendaftaran. Hingga ditutupnya rekrutmen balonkada pada tanggal 20 Maret lalu, Nasdem berhasil menjaring 11 figur diantaranya, Lania Laosa, Irianto  Malingong, Hesmon Pandili, Heri Ludong, Amorudin Kasim Latarang dan Abubakar Nopan Saleh.
“Figur yang berhasil dijaring 9 calon bupati dan 3 calon wakil bupati,” jelas Ketua DPD Nasdem Bangkep, Rudy Pakaya, Minggu (3/4).
Mengenai penyaringan, Rudy menyampaikan, telah ditangani langsung oleh kepengurusan partai tingkat pusat (DPP) setelah sebelumnya di plenokan di DPW Nasdem Sulteng. Meski demikian, hingga saat ini belum terjadi pengkerucutan nama-nama yang berpotensi diusung Nasdem di Pilkada serentak gelombang ke dua Februari 2017 mendatang.
“Karena belum ada acuan untuk meloloskan atau mengeliminasi figur yang berhasil di jaring untuk kemudian diusung,” katanya.
Acuannya, sambung Rudy, adalah hasil survey melalui tim yang akan diturunkan DPP. “DPP akan menurunkan tim survey ke Bangkep. Hasil survey itulah yang menjadi acuan atau pertimbangan DPP untuk kemudian melakukan pengkerucutan nama-nama hingga yang berpeluang mengantongi rekomendasi,” pungkasnya.(man)

About uman