Home » Metro Luwuk » Foging Dinkes Tidak Beres
Foging Dinkes Tidak Beres
Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai melakukan foging asal-asalan di Kecamatan Masama, Sabtu (2/4).

Foging Dinkes Tidak Beres

MASAMA— Program pencegahan wabah penyakit demam berdarah (DBD) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai  dikeluhkan warga. Pasalnya, pelaksanaan foging yang digelar petugas tidak dilakukan secara maksimal, melainkan hanya dilaksanakan sekedarnya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Masama, Sabtu (2/4) kemarin. Petugas kesehatan hanya melakukan foging di perumahan penduduk yang berada di jalan poros Luwuk-Balantak. Sementar pemukiman penduduk lainnya tidak tersentuh petugas foging.
Kondisi tersebut terjadi di Desa Taugi Kecamatan Masama. Petugas foging dari Dinas Kesehatan hanya melakukan foging di pinggiran jalan di jalan poros dan membuat warga kesal. Pasalnya, sehari sebelumnya, pemerintah desa telah mengumumkan kepada masyarakat melalui pengeras suara di masjid, bahwa pada Sabtu (2/4) tersebut, warga tidak diperkankan meninggalkan rumah karena ada pelaksanaan foging dari dinas kesehatan.
“Sudah ditunggu,  ternyata hanya di jalan poros,” kata warga.
Kepala Desa Taugi Warsin mengaku sudah memertanyakan hal tersebut kepada petugas foging. Namun dari keterangan petugas foging tersebut, bahwa foging hanya dilakukan sebagai pencegahan saja dan tidak dilakukan di seluruh pemukiman penduduk di desa itu.
Tokoh masyarakat setempat menyesalkan sikap Dinas Kesehatan yang hanya melakukan foging asal-asalan. “Bagaimana bisa pencegahan kalau hanya dijalan poros, sedangkan sebagian besar pemukiman penduduk tidak dilakukan foging, itu sama dengan bohong,” tutur Muhlis, warga setempat.
Menurut dia, harusnya Dinas Kesehatan tidak menunggu jatuhnya korban DBD dari masayarakat untuk melakukan foging secara sempurna. “Sepertinya dinas kesehatan berfikir harus ada korban dulu yang berjatuhan, barulah dilakukan foging secara sempurnah. Kalau seperti itu, tidak usah saja melakukan foging, tunggu saja ada yang jadi korban,” tuturnya.(far)

About uman