Home » Berita Utama » Kantor Disbun Nyaris Terbakar
Kantor Disbun Nyaris Terbakar
Sejumlah pegawai Disbun saat melihat Panel listrik yang hangus terbakar didepan kantor Jumat (1/4). Panel tersebut terbakar akibat daya listrik yang tersedia, tidak seimbang dengan pemakaian kantor.

Kantor Disbun Nyaris Terbakar

LUWUK-Seluruh pegawai Dinas Perkebunan (Disbun) Jumat (1/4) sekira pukul 15.00, dikagetkan dengan oleh bau asap layaknya benda yang hangus.
Ternyata asap tersebut berasal dari panel listrik yang terpasang di depan pintu masuk dan sudah mengeluarkan percikan api. Sontak seluruh pegawai yang awalnya di dalam, langsung berhamburan keluar. “Torang kaget karena tiba-tiba cium bau asap,” tutur Gatot, seorang pegawai Disbun.
Untung saja, percikan api itu langsung diantisipasi oleh pegawai dengan alat pemadam, ditambah dengan bantuan dua unit Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga tidak sempat merembet. “Cuma disekitar panel saja yang hangus,” terang pegawai lainnya.
Sementara itu seorang petugas bagian gangguan PLN Cabang Luwuk Iskandar mengaku, hangusnya panel tersebut dikarenakan daya listrik yang tersedia tidak seimbang dengan pemakaian di kantor Disbun. “Pemakaian tidak seimbang dengan kapasitas, sehingga terjadi percikan api,” ungkapnya.
Menurutnya, kapasitas listrik di kantor itu hanya 33 ribu, sedangkan kebutuhan didalam sudah melebihi daya tersebut. “Seharusnya 44 atau 66 ribu watt,” tandasnya.
Iapun menyesali sikap Disbun yang terkesan cuek dengan kondisi kapasitas listrik yang rendah, karena sekira dua tahun lalu pihak PLN sudah pernah memperingatkan agar kantor tersebut segera menambah daya. “Sebelumnya juga pernah terjadi seperti ini, namun tidak terlalu parah karena cuma handel yang terbakar, olehnya saya sarankan segera menambah daya,” terangnya.  Akibat kejadian tersebut, Disbun harus rela tidak menggunakan jasa PLN untuk sementara, karena butuh waktu lama untuk memberbaiki panel tersebut. (ajy)

About uman