Home » Politik » DPRD Siap Laksanakan RGK
DPRD Siap Laksanakan RGK
Winancy Ndobe

DPRD Siap Laksanakan RGK

LUWUK-Tidak adanya itikad baik dari PT Pertamina EP MGDP untuk menghadiri undangan dari DPRD dalam rangka rapat dengar pendapat membahas persoalan sertifikat lahan masyarakat desa Kamiwangi, kecamatan Toili Barat bakal ditindaklanjuti dengan rapat gabungan komisi (RGK) dalam waktu dekat ini. “Paling lambat rapat antar komisi itu akan kita laksanakan tanggal 20 April 2016 ini. Untuk pekan depan agenda kerja kita padat karena masih ada paripurna LKPj Bupati,” kata Winancy Ndobe, selaku ketua Komisi I ketika memberikan penjelasan ke sejumlah pemilik lahan yang menemuinya, Kamis (31/3).
Terpisah, Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang menegaskan penyelesaian masalah sertifikat lahan itu harus segera dituntaskan karena pengambilan surat kepemilikan tanah sudah cukup lama diambil perusahaan. “Saya belum terima surat dari komisi I, tapi saya sepakat kalau itu diselesaikan dalam rapat gabungan komisi. Kasian warga sudah terlalu lama menunggu,” imbuhnya, Jumat (1/3).
Menurutnya, perusahaan harus jujur dalam penyelesaian persoalan sertifikat lahan warga tersebut. “Artinya kalau memang hilang perusahaan harus tanggungjawab dengan membuat laporan polisi untuk kemudian diajukan ke BPN sehingga diterbitkan sertifikat pengganti,” pungkasnya.
Bali Mang – sapaan akrab Samsulbahri menegaskan PT Pertamina EP MGDP tidak bisa menunda penyelesaian tuntutan warga tersebut. Mengingat waktu pengambilan sertifikat lahan milik 47 warga sudah dilakukan sejak 15 tahun silam. Ia juga mengatakan pengurusan perubahan sertifikat lahan sejatinya tidak sampai memakan waktu begitu lama, jika perusahaan memang serius ingin membuat pemisahan.”Jangan PT Pertamina berfikir mereka perusahaan negara sehingga dengan santainya mengabaikan persoalan ini. Karena ini menyangkut kepentingan rakyat. Tidak boleh didiamkan,” tegas ketua DPRD dua periode ini.(van)

About uman