Home » Politik » Anggaran Siap, Langsung Action
Anggaran Siap, Langsung Action
Safrudin Husain

Anggaran Siap, Langsung Action

LUWUK-Ada sisi terbaik dari perubahan reses penyusunan program usulan pembangunan untuk tahun 2017 yang akan dilaksanakan anggota legislatif sejak tanggal 11 hingga 16 April 2016 nanti. Sebab, dengan adanya reses yang sudah dimulai di awal bulan triwulan dua tersebut dapat mempercepat penyusunan rencana pembangunan (Renja). Dengan begitu, ketika anggaran pemerintah daerah siap, maka tidak butuh waktu lama lagi untuk menjalankan program.
“Artinya dengan sudah tersusunnya renja maka tidak ada lagi istilah sisip program baru. Nah, sisi baiknya disitu, ketika anggaran siap kita sudah bisa langsung action karena semua anggaran sudah jelas pot-potnya kemana saja,” kata Syafrudin Husain, anggota Komisi III DPRD Banggai, Jumat (1/4).
Selain itu, percepatan reses juga merupakan tindakan yang baik sehingga pembahasan renja juga bisa dipercepat. Dengan begitu, tidak ada lagi ketok palu jelang akhir tahun. “Bagus juga. Jadi tinggal melihat kekuatan anggaran, ketika anggaran siap tidak repot lagi karena potnya sudah jelas. Sebab kalau penyusunan renja baru dilaksanakan di bulan Oktober sebetulnya itu sudah terlambat. Karena, walaupun anggaran siap, tapi waktunya sudah terlalu mepet,” lanjut Syafrudin.
Oleh karena itu, dalam pengusulan program melalui reses nanti, Syafrudin mengungkapkan seluruh aleg harus bisa mengakomodir apa saja program yang akan diusulkan ke pemerintah daerah. “Nanti program itu akan dipertimbangkan, mana yang prioritas dan mana yang mungkin bisa diundur untuk tahun berikutnya. Saya kira di pemda kan sudah ada tim tehnisnya,” tutupnya ketika ditanyakan mengenai bentuk usulan program aleg yang nantinya akan diakomodir dalam pembiayaan APBD.(van)

About uman