Home » 2016 » April

Monthly Archives: April 2016

LUWUK – di Kabupaten Banggai terdapat tiga belas sekolah yang berada di daerah terpencil. Kebanyakan sekolah ini bertempat di daerah pegunungan. Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Banggai, Tasman Malusa, mengatakan tidak akan ada masalah dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di daerah-daerah tersebut. Tasman Malusa menjelaskan, sehari sebelum pelaksanaan, pihak sekolah akan mengambil naskah UN ke ... Read More »

Mahasiswa FKIP Keluhkan Ruang Permanen

LUWUK-Mahasiswa Fakultas Keguruang dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, mengelukan fasilitas perkuliahan. Terutama ruang permanen FKIP yang seharusnya telah ada sedari tebentuknya FKIP pada tahun 2008 silam. Padahal, biaya pendidikan terbesar di kampus biru itu adalah mahasiswa dari FKIP. Inilah yang menyebabkan timbulnya kecemburuan sosial diantara mahasiswa fakultas. Seluruh fakultas selain FKIP telah memiliki ruang permanen sendiri. “Kenapa ... Read More »

IMM Gelar Diskusi Publik

LUWUK-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Senin (25/4), menggelar diskusi publik mengenai keberadaan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kabupaten Banggai. Dalam diskusi public tersebut, IMM menghadirkan praktisi hukum dari Unismuh, Abd. Ukas, bidang sosial penyakit masyarakat perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banggai, Nur Jalal, dan dua orang pelaku LGBT, Sofhian dan Jingga. Diskusi publik yang digelar ... Read More »

Badumpayan Bakal Kembangkan Sektor Pertanian

BANGGAI – Desa Badumpayan yang menjadi utusan Kecamatan Banggai Tengah pada lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2016 ini, sebenarnya masih baru. Desa yang berpenduduk 127 KK ini sebelumnya adalah salah satu dusun dalam wilayah administratif desa Bentean. Baru beberapa tahun ini statusnya ditingkatkan menjadi desa. Kepala desa Badumpayan, Samin S. Mulungan mengatakan potensi yang cukup menonjol di desanya adalah potensi ... Read More »

Bupati Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten

BANGGAI-Bupati Balut, Drs.H.Wenny Bukamo membuka kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten. Bergilir di 7 kecamatan, dimulai dari desa Kalupapi kecamatan Bangkurung, Minggu(24/4). Rombongan sempat bermalam hingga Senin karena Bupati menjadwalkan kunjungan perdana itu dirangkai sekaligus dengan penilaian untuk kecamatan Bokan Kepulauan. Setiba di Banggai, tim penilai pada Selasa (26/04) langsung melanjutkan kunjungannya ke desa Badumpayan yang menjadi utusan kecamatan Banggai tengah. ... Read More »

Tinjau Potensi Maritim, KKP Sambangi Bangkep

SALAKAN—Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengunjungi Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Senin (25/4) sore lalu. Tujuan kedatangan dua orang staf KKP meninjau langsung potensi laut dan perikanan pulau Peling. Langkah tersebut merupakan bentuk respon KKP terkait proposal yang diajukan pemerintah daerah (Pemda) Bangkep belum lama ini. “Pemda Bangkep telah siap mengembangkan potensi kelautan dan perikanan yang ada. Untuk perpecepatan realisasi program ... Read More »

Bangunan ATM BSM Mengkhawatirkan

LUWUK SELATAN-Bangunan mesin Automatic Teller Machine (ATM) milik Bank Syariah Mandiri (BSM) yang terletak di kantor bupati, kian mengkhawatirkan. Amatan koran ini, Selasa (26/4) bangunan tersebut nyaris lepas dari dinding kantor. “Bahaya ini, kalau ada pegawai atau warga yang lewat lantas bangunanya jatuh,” tutur seorang pegawai, Bahri. Sementara itu, pegawai lainnya mengaku, miringnga bangunan ATM itu sudah lama terlihat. Namun ... Read More »

Pembanguan Cafe KM 5 Dihentikan Sementara

LUWUK SELATAN-Merasa larangannya tidak diindahkan, Lurah Maahas, Andi Rustam, langsung menghentikan secara paksa aktifitas pembangunan cafe baru yang dugunakan untuk wisata malam tersebut. Andi didampingi Sekertaris Kelurahan, Babinsa Okto dan Babinkantibnas Jufri mengaku, menayatakan, pihkanya tidak pernah memberikan izin pembangunan di jalan Moh Hatta itu. Sehingga, bisa dipastikan, belum ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “Jagan ada kegiatan seblum ada IMB, ... Read More »

Akademisi Minta Pengelola TPI Dievaluasi

LUWUK-Akademisi Universitas Muhammdiyah (Unismuh) Luwuk, Tasrudin meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Banggaiuntuk segera mengevaluasi pengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Luwuk yang terdapat di Tanjungsari, Kelurahan Karaton. Pasalnya, lokasi yang merupakan tempat pendaratan ikan tersebut tidak dirawat. Bau busuk menyengat. Sebab,  bangkai ikan yang hanya dibuang begitu saja di bibir pantai. Belum lagi saluran drainase yang tidak berfungsi. Sisa ... Read More »

Ini Pengakuan Tersangka Narkoba

LUWUK-Tak hanya masyarakat yang meminta pihak kepolisian melakukan razia di Lapas Kelas IIB Luwuk atas dugaan adanya pasokan narkoba dari balik jeruji besi. Salah satu tahanan kasus narkoba yang kini masih mendekam di sel tahanan Polres Banggai juga sependapat. Pria berinisial AN ini meminta polisi agar melakukan sterilisasi ke dalam lapas. Sebab, dijebloskannya AN ke balik jeruji besi Polres Banggai ... Read More »