Home » Metro Luwuk » Satpol PP Banggai Tertibkan PKL
Satpol PP Banggai Tertibkan PKL
Satuan Pol PP Banggai saat menertibkan seorang pedagang sepatu roda di lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Senin (28/3).

Satpol PP Banggai Tertibkan PKL

LUWUK-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banggai melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang terdapat di kota Luwuk, Senin (28/3). Penertiban ini dilakukan karena PKL sudah melanggar Peraturan Daerah (Perda) tentang keindahan kota.
Kepala Seksi Operasi (Kasie Ops)  Muhammad Kadri Broo menuturkan, selain menganggu arus lalu lintas, keberadaan PKL yang berjualan menggunakan trotoar juga sangat mengotori keindahan kota. Alhasil, sering terjadi kemacetan dan kesemrautan kota. Seperti PKL yang ada di teluk Lalong, meski beberapa kali diingatkan, tapi tetap saja berjualan.
“Sebenarnya kalau malam hari berjaualan tidak ada masalah, asalkan masuk pagi hingga sore hari, gerobaknya harus disimpan. Karena sangat jorok dilihat, apalagi letaknya tepat di depan kantor DPRD Banggai. Akhirnya, ada beberapa gerobak yang kami diamankan,” tandasnya.
Kata dia, ada tiga titik yang ditertibkan. Selain di teluk Lalong, ada juga lapak di pasar Batu Akik, seputaran lapangan Bumi Mutiara, serta bandara Bubung. “Untuk bandara Bubung, ada lapak yang sudah dibangun. Kami sudah tegur, dan lapak itu akan dibongkar,” tutur pria berbadan tegap itu.
Ia menambahkan, pihaknya akan mensterilkan pintu masuk kota Luwuk. Melalui darat, laut maupun udara. Yang ditertibkan adalah aktifitas yang menganggu kenyamanan warga serta mengotori keindahan kota. “Kalau darat pintu masuknya Desa Bunga, udara bandara Bubung dan laut pintu masuknya pelabuhan rakyat maupun Pelni. Tiga titik ini yang akan kami tertibkan,” tegas Kadri. (awi)

About uman