Home » Banggai Kepulauan » Penambangan Gunung Kembali Terjadi
Penambangan Gunung Kembali Terjadi
Aktifitas pengerukan batu dan tanah urugkan dengan cara mengusur gunung di lokasi jalan pada lalulintas di jalur dua Salakan, kembali terlihat Senin kemarin. Sebelumnya, aktifitas penambangan ini sempat terhenti sejak beberapa waktu lalu.

Penambangan Gunung Kembali Terjadi

SALAKAN- Sempat terhenti hampir sebulan, aktifitas penambangan gunung di jalur dua Salakan, kemabli terlihat sejak Senin (28/3). Alat berat yang hampir sebulan terakhir, tidak terlihat melakukan aktifitas pengatingan gunung di lokasi untuk kepentingan pengalian batu dan tanah urugkan, kini telah kembali beroperasi.
Kembali beroperasinya penambangan gunung di jalur dua Salakan, telah membuat sejumlah warga kembali bereaksi. Warga mempertanyakan sikap tegas dari Pemda Bangkep, terkait dengan aktifitas penambangan gunung yang telah membuat mereka resah.
“Kenapa bisa beroperasi kembali padahal, aktifitasnya sudah sempat dihentikan. Pemda Bangkep, harus kemabli bersikap tegas. Aktifitas penambangan di jalan jalur dua Salakan ini, sangat meresahkan warga, khususnya pengguna jalan di dekat lokasi penambangan,” keluh Azis, seorang warga Salakan, Senin (28/3).
Tak hanya warga, sejumlah anggota DPRD Bangkep, ikut dibuat berang dengan aktifitas penambangan yang kembali terlihat di jalan jalur dua Salakan. “Ini sangat menganggu kenyamanan masyarakat. Pemda Bangkep, terkesan melakukan pembiaran. Mestinya ada upaya tegas sehingga menimbulkan efek jerah,” tegas Syarudin Lalu, Ketua Fraksi PDI-P di DPRD Bangkep.
Selain diduga ilegal aktifitas penambangan di area jalan jalur dua Salakan ini, dikeluhkan warga karena berada ditepian jalan poros yang ramai dilewati kendaraan. Bahkan tak jarang, material baru hasil pertambangan terlihat telah berada di bahu jalan. Tak hanya itu, akibat penambangan itu, fasilitas umum berupa trotoar yang nota benenya dibangun dengan menggunakan uang daerah, mengalami kerusakan yang sangat parah.
Sayangnya, meski demikian Pemda Bangkep, tidak memiliki inisiatif dan memberi penegasan kepada pemilik usaha penambangan untuk menghentikan aktifitas penambangan tersebut. (wan)

About uman