Home » Metro Luwuk » Jalan Masuk Sumur Donggi 3 Diblokade
Jalan Masuk Sumur Donggi 3 Diblokade
Warga Kamiwangi kecamatan Toili Barat kembali menutup jalan menuju sumur CPP Donggi III , Senin (28/3) sekira pukul 10.00 Wita.

Jalan Masuk Sumur Donggi 3 Diblokade

TOILI BARAT-Lambatnya respon dari PT Pertamina EP MGDP terkait penyelesaian persoalan sertifikat lahan warga, membuat pemilik lahan gerah. Dampaknya, jalan masuk ke sumur Donggi III kembali diblokade. Mereka menuntut agar PT Pertamina EP MGDP segera merespon permintaan pemilik lahan sehingga semua bisa berjalan baik. Selain blokade jalan, warga juga melakukan aksi bakar ban dan membentangkan spanduk di tiga titik sekira pukul 10.00 Wita, Senin (28/3).
Melihat aksi warga, Kapolsek Toili, I Nyoman Dunia langsung menggerakkan anggotanya dibantu pengamanan dari TNI AD untuk mengantisipasi terjadinya aksi anarkis di lokasi itu. Dalam spanduk yang dibentangkan warga, tertulis, ‘Tolong jangan melakukan aktifitas sebelum tuntutan kami terpenuhi’. Di spanduk lainnya terutulis bahwa pernyataan tersebut merupakan bentuk kekesalan warga terhadap PT Pertamina EP MGDP yang dinilai lamban merespon aksi mereka minggu lalu.
Sebelum aksi berlangsung, I Nyoman Dunia meminta kepada massa aksi agar tidak berbuat anarkis di wilayah aset nasional. Setelah pengarahan dari Kapolsek, warga langsung melakukan blokade jalan ke sumur donggi III dengan batang pohon kelapa. Tak sampai disitu, mereka juga melakukan blokade jalan ke lokasi masuk CPP Donggi II yang menurut mereka jalan tersebut merupakan lahan warga yang belum dikembalikan sertifikat. Hal yang sama berlanjut di depan pintu gerbang sumur Donggi 5. Koordinator aksi, I Putu Mulyana kepada media ini mengatakan aksi akan berakhir setelah sertifikat 47 warga Kamiwangi dikembalikan pihak perusahaan. Oleh karena itu, Ia mendesak agar PT Pertamina EP MGDP segera merespon tuntutan warga selaku pemilik lahan. Jika hal itu tidak diindahkan, maka aksi blokade jalan akan terus berlangsung.
Hingga berita ini diturunkan, pihak perusahaan ketika dihubungi melalui Humas PT Pertamina EP MGDP Sry Kustiani belum merespon terkait aksi massa menutup tiga jalur ke titik vital PT Pertamina EP MGDP.(tr-39)

About uman