Home » Berita Utama » Herwin Siap Kembalikan TKD
Herwin Siap Kembalikan TKD
Herwin Yatim

Herwin Siap Kembalikan TKD

LUWUK—Bupati Banggai terpilih Herwin Yatim berjanji akan mengembalikan tunjangan kinerja daerah (TKD) terhadap ASN di lingkup pemerintah daerah (Pemda) Banggai. Bagi dia, remunerasi Aparatur Sipil Negara (ASN) penting dalam upaya memaksimalkan kualitas kinerja pemerintahan serta meningkatkan kesejahteraan pegawai. “Jika tak ada perubahan regulasi, insya Allah di tahun 2017 kami akan berupaya mewujudkan visi misi Win Star terkait TKD,” tegas Herwin, Senin (28/3).
Meski telah dicanangkan dalam janji kampanye serta visi misi, namun diakui Herwin, untuk tahun 2016 Win Star (akronim pasangan Herwin Yatim-Mustar Labolo,red) kesulitan memberlakukan kebijakan tersebut. Pasalnya, pasangan calon (paslon) Nomor Urut 3 itu baru akan dilantik Juni 2016 mendatang dimana keseluruhan item Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 telah ditetapkan pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Banggai, Sofhian Mile.
Dijelaskannya, tahun 2017 bukanlah rencana perdana untuk mengalokasikan anggaran TKD. Untuk memenuhi kebutuhan ASN menuju kesejahteraan, Herwin mengaku telah berupaya memasukannya dalam RAPBD (Rancangan APBD) tahun 2016.  “Kalau tidak salah jumlahnya sekira Rp 30 miliar. Tapi entah apa alasannya itu dicoret,” jelas dia.
Tak hanya itu, Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyatakan, kenyataan serupa juga menimpa usulan lainnya, seperti anggaran tambahan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani. “Meski telah diusul dan dimasukan tapi fakta membuktikan semua belum bisa dipenuhi akibat adanya faktor X diluar kemampuan saya sebagai wakil bupati,” terang Herwin.
Fenomena ini dialaminya sejak tahun-tahun pertama menjabat pasca pilkada 2011 silam. “Saya selalu bersabar akan hal itu dan tahu diri  terhadap posisi sebagai wakil bupati,” pungkasnya.(man)

About uman