Home » Luwuk Utara-Timur » RTH Kilongan, Surga yang Bakal Hilang
RTH Kilongan, Surga yang Bakal Hilang
Wartawan koran ini saat mengunjungi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terletak di kelurahan Kilongan Permai, Kabupaten Banggai, belum lama ini. Banyaknya rumput liar menunjukan RTH ini tidak terawat.

RTH Kilongan, Surga yang Bakal Hilang

Taman merupakan salah satu objek yang kerap dikunjungi warga, baik ketika jenuh di rumah, melepas pengat maupun hanya sekdar ingin bertemu dan mengobrol antara sesama.Namun, bagaimana jadinya jika taman tersebut akan hilang?

Catatan, Fajri Rahmadhani/Luwuk Post

Panas terik matahari siang itu seakan menusuk, rasa-rasanya sang surya hanya beberapa meter saja di atas kepala.
Saya pun menghentikan perjalanan menuju wilayah Kecamatan Luwuk Timur dan menyempatkan diri untuk mencari tempat beristirahat sejenak, serta berharap gerombolan awan berbaik hati menutupi sang surya.
Tepat di samping lapangan sepak bola Gedung Olahraga (GOR) Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara, terlihat sebuah lokasi yang ukurannya mirip lapangan volly, dimana terdapat sejumlah tempat duduk yang terbuat dari batu, serta beberapa tempat bermain anak, tidak jelas tempat apa itu karena tidak terpampang papan nama.
Setelah saya singgah dan menanyakan warga sekitar, barulah saya ketahui kalau itu adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sudah lama dibangun Pemerintah Provinsi.
Duh, dari kondisinya seperti sangat jauh sekali dengan RTH yang terletak di Teluk Lalong, karena telah dikelilingi rumput liar yang tingginya hampir setengah meter dan telah menutupi sejumlah bunga yang ditanam di sekitar lokasi tersebut.
Kemudian beberapa lampu berbentuk bulat yang dipasang untuk menerangi taman tersebut dimalam hari, juga terlihat sudah mulai rusak, sangat miris, ucap saya dalam hati.
Hampir setengah jam lamanya saya duduk, seraya melihat lalulalang sejumlah warga disekitar RTH ini, baik berjalan kaki maupun berkendara, namun mereka hanya bisa melihat-lihat tampa berniat untuk singgah, mungkin saja mereka ada rasa khawatir akan lokasinya, karena sesuai informasi yang saya ketahui, banyak yang bilang kalau banyak rumput liar akan sangat dimungkinkan bersarang ular, ihh.
Mulai merasa tidak nyaman dengan anggapan tersebut, saya pun langsung berdiri dan bergegas meninggalkan lokasi ini, dan berharap kedatangan saya yang berikutnya RTH ini sudah bisa lebih indah lagi layaknya surga bagi warga Kilongan Permai. (*)

About uman