Home » Metro Luwuk » Permata Luwuk Sorot PT ADT
Permata Luwuk Sorot PT ADT
Helmi Baharudin

Permata Luwuk Sorot PT ADT

LUWUK-Pengurus Besar Persatuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Taliabu (PB Permata) Kabupaten Banggai menyoroti PT Adidaya Tangguh (ADT) Cabang Luwuk, karena dianggap tidak menjalankan program Corporate Sosial Responsibility (CSR). Pasalnya, perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan biji besi tersebut hanya merekrut tenaga kerja (naker) luar.
“Selama ini, ADT gagal dalam menjalankan program CSR. Terbukti, penerimaan naker terkesan pilih kasih, perusahaan lebih memilih menerima naker luar, dibandingkan dengan naker lokal. Alhasil, tidak sedikit masyarakat yang terlunta-lunta belum mendapatkan pekerjaan,” ungkap seorang pengurus PB Permata, Helmi Baharudin, Sabtu (26/3).
Ironisnya, kata dia, ADT Cabang Luwuk tidak mampu merespon keluhan masyarakat Taliabu. “Kantor ADT Luwuk seperti bangunan tak bertuan. Banyak teman teman mahasiswa melakukan unjuk rasa atas tuntutan tersebut, namun tidak pernah di gubris sama sekali,” keluhnya.
Ia mengungkapkan, kondisi terkini yang terjadi di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara sangat mengkhawatirkan. Parahnya lagi, tidak ada pengawasan dari Pemerintah daerah (Pemda) setempat, untuk mengontrol aktifitas perusahaan. “Pemda terkesan sengaja membiarkan pihak perusahaan terus beroperasi, tanpa ada sumbangsi yang diberikan perusahaan kepada masyarakat,” tandasnya.
Selain itu, lanjut Helmi, minimya transparansi informasi publik, membuat masyarakat kewalahan seputar sepak terjang perusahaan. Sehingga, ketika mahasiswa memertanyakan hal tersebut ke kantor perwakilan ADT Luwuk, hanya saling lempar. “Kalau ditanya, ADT Luwuk bilang tanyakan saja ke pewakilan yang ada di Taliabu,” tutur mahasiwa Untika Luwuk itu.
Sementara itu, Kepala Kantor Cabang PT ADT, Cia Yadi, yang hendak dikofirmasi tidak berada ditempat. Bahkan, dikonfirmasi via telepon pun tidak dibalas. (tr-43)

About uman