Home » Metro Luwuk » PT Buminata Dituding Marusak Lingkungan
PT Buminata Dituding  Marusak Lingkungan
Sejumlah pemuda Keluraha Hanga-hanga menandatangi kantor DPRD Banggai, Kamis (24/3). Pemuda Hanga hanga menuding PT Buminata merusak lingkungan sekitar.

PT Buminata Dituding Marusak Lingkungan

LUWUK-PT Buminata yang bergerak pada Perusahaan Listrik Tenaga Mikro (PLTM) dituding sudah merusak lingkungan yang ada di Kelurahan Hanga-hanga, Kecamatan Luwuk Selatan. Pasalnya, air bersih yang dirasakan warga sudah terkontaminasi dengan limbah perusahaan yang dialirkan begitu saja.
Belum lagi jalan yang setiap harinya dilalui petani untuk menafkahi keluarga justru dirusak begitu saja, tanpa ada perbaikan yang berarti. Alhasil, tidak sedikit warga yang mengalami kecelakaan.
“PT Buminata itu sudah melakukan pengrusakan terhadap lingkungan. Untuk air bersih, warga Hanga-hanga menikmati limbah perusahaan yang bercampur dengan air,” ungkap koordinator Forum Pemuda Hanga Hanga Bersatu (FPH2B) Hanafi Dini, Kamis (24/3).
Ia menyatakan, PT Buminata harus bertanggung jawab dengan kondisi ini. Sebab, yang terkena dampaknya adalah masyarakat. Selain itu, kata dia, program CSR yang seharusnya menjadi kewajiban perusahaan tidak pernah dilakasnakan. Hanya janji janji yang dikeluarkan sejak puluhan tahun lalu, ketika PT Buminata akan dibangun.
Lagipula, CSR sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tahun 2014 tentang inisiatif CSR. “Jadi, itu wajib dilakukan perusahaan. Meskipun PT Buminata tidak pernah berjanji, tapi perusahaan wajib menjalankan CSR,” tandasnya.
Hanafi menambahkan, mayoritas warga Hanga-hanga berprofesi sebagai petani. Olehnya itu, pembangunan jaringan air ke lahan pertanian sangat diperlukan. (awi)

About uman