Home » Berita Utama » Polisi Tangkap Oknum Wartawan
Polisi Tangkap Oknum Wartawan
Wakapolsek Banggai, M. Jonas sedang menginterogasi Agus Condro dan seorang rekannya terkait aktifitas mereka di sejumlah SKPD yang dianggap meresahkan.

Polisi Tangkap Oknum Wartawan

BANGGAI– Oknum wartawan salah satu media cetak mingguan yang diduga berasal dari Bandung atau seputar wilayah Jawa yang membuka cabangnya di Palu melakukan aktifitas meresahkan.
Oknum yang diketahui bernama Agus Condrowinata dan seorang rekannya itu, mendatangi sejumlah SKPD dengan mengajukan proposal permintaan dana bagi pembangunan kantornya di Palu.
Beberapa petinggi SKPD sempat mengakomodir permintaan tersebut dan menyerahkan dana ratusan ribu rupiah. Disebutkan dalam menjalankan aksinya, mereka sempat mengaku sebagai anggota BIN.
Hal ini diutarakan Taufik Tiadja, Sekretaris Badan BKP3 Balut beberapa waktu lalu.
Dia mengaku sempat pula didatangi tapi karena pimpinannya (Kepala BKP3) tidak berada di tempat, ketua Komunitas Saluan ini menolak permintaan
mereka. Berbekal laporan ini, awak media setempat bergerak.
Sejumlah keterangan dikumpulkan dan berbagai pihak dihubungi. Dari berbagai fakta lapangan diperoleh kesimpulan sementara, kegiatan donasi itu sepertinya bermasalah.
Kantor Kesbangpol merespon. Kedua pelaku diciduk dan dimintai keterangan. Hasilnya mereka kemudian digelandang ke markas Polsek Banggai.
Informasi sementara menyimpulkan kegiatan meminta sumbangan seperti ini telah dua kali dilakukan. Kepada Luwuk Post, Agus Condro yang mengantongi kartu pers Berita Investigasi Nasional (BIN) mengaku aktifitas itu
dilakukan sebagai usaha menambah pendapatan.
“Maklum pak. Gaji kami kecil jadi ini sekedar cari-cari tambahan,” tuturnya Kamis (24/3).
Belum diketahui keabsahan status kewartawanan Agus, namun Wakapolsek Banggai, Iptu M. Jonas menyatakan sedang mendalami perkara ini.
“Kalau sifatnya sumbangan barangkali bisa dimaklumi. Yang diwaspadai kalau ini tindak penipuan yang disertai pemerasan, kasusnya bisa lebih serius,” terangnya. (Sbt)

About uman