Home » Politik » Waspada Kekuatan PAN
Waspada Kekuatan PAN
Kisman Karinda

Waspada Kekuatan PAN

LUWUK—Di Pilkada Banggai Kepulauan (Bangkep) yang akan digelar serentak awal tahun 2017 mendatang, keberadaan Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai perlu menjadi pertimbangan oleh sejumlah partai politik (parpol). Pasalnya, selain Partai Golkar, di Bangkep PAN merupakan parpol yang bersyarat mengusung pasangan bakal calon kepala daerah (balonkada) tanpa harus berkoalisi berkat koleksi 5 kursi di Parlemen.
Akademisi Universitas Muhammadiyah Luwuk (UML), Kisman Karinda mengatakan, kondisi tersebut memang tak bisa dianggap enteng meski oleh partai besar sekelas Golkar maupun PDIP sekalipun. Mengingat dinamika politik sarat perubahan, maka kata Kisman, bukan hal mustahil parpol yang yang di pandang sebelah mata justru mampu meraih kemenangan.
“Kondisi itulah menjadi salah satu faktor yang membuat gaung Pilkada Bangkep seksi. Bahkan tak menutup kemungkinan Pilkada 2017 nanti menjadi pertarungan head to head antara pasangan balonkada yang diusung PAN dan Golkar,” ungkap Kisman, Selasa (22/3).
Memang, lanjut dia, keberadaan parpol lain yang masih kekurangan kursi bisa saja membentuk gerbong koalisi. Kalaupun itu terjadi maka poros Pilkada Bangkep berpotensi terbagi 3 diluar balonkada independen.
Namun, melihat kenyataan hari ini dimana hanyalah Golkar dan PAN yang telah bersyarat mengusung balonkada, maka itu menjadi modal awal keyakinan berbagai kalangan terhadap wacana opsi pertarungan head to head.
“Apalagi kabar yang berkembang di Bangkep ketika saya berkunjung pekan lalu bahwa, Lania Laosa (Bupati sekaligus Ketua DPD II Golkar Bangkep,red) masih menjadi figur unggulan yang akan diusung Golkar untuk menghadapi mantan Bupati Bangkep Irianto Malingong yang kabarnya bakal menjadi kandidat usungan PAN,” terang wakil dekan III Fisipol ini.(man)

About uman