Home » Politik » DPRD Siap Koordinasi ke TNI
DPRD Siap Koordinasi ke TNI
Muh Djufri Diko

DPRD Siap Koordinasi ke TNI

LUWUK—Penanganan kelangkaan pupuk subsidi yang dikeluhkan petani  dataran Toili ditindaklanjuti Komisi III DPRD Banggai dengan menggelar pertemuan bersama sejumlah instansi terkait,  Kamis (24/3) hari ini. Moh Djufri R Diko, anggota Komisi III mengungkapkan dalam pertemuan kedua pihaknya masih akan tetap memanggil kepala dinas pertanian, kepala dinas perkebunan, perwakilan masyarakat dan pengecer, distributor, kemudian sejumlah KUPT Pertanian yang bertugas di dataran Toili.
“Pertemuan kedua kali ini kita masih fokus membahas persoalan horizontal, yakni antara dinas pertanian, perkebunan dan pengecer serta  instansi terkait untuk mencari data penyebab kelangkaan pupuk itu sendiri,” tuturnya, Rabu (23/3).
Setelah pertemuan itu, barulah pihaknya akan melakukan koordinasi ke Kodim 1308/LB, sebagai bagian dari pengawasan pendistribusian pupuk subsidi. Dimana pada tahun 2015 kemarin, TNI sempat mengamankan ratusan pupuk subsidi di kawasan perkebunan. Padahal, saat itu belum ada penyaluran pupuk ke kebun sawit.
Djufri mengatakan pihaknya masih menunggu hasil dari penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian, sebab berdasarkan keterangan dari Kodim, bahwa persoalan temuan pupuk itu telah dilimpahkan ke Polres Banggai.
“Artinya pertemuan besok akan menjadi dasar kita untuk meminta kejelasan dari status temuan pupuk yang tengah ditangani aparat kepolisian. Kita juga tidak bisa terlalu jauh jika itu masih didalami aparat,” jelasnya.
Terpisah, sumber terpercaya di Polres Banggai menuturkan bahwa persoalan temuan pupuk subsidi dari TNI telah dihentikan. Berkas serta barang bukti juga telah dikembalikan ke TNI untuk kemudian diserahkan kembali ke pemiliknya. Alasannya, karena dalam penyelidikan, polisi tidak menemukan adanya tindak pidana, oleh karena itu kasus temuan pupuk subsidi oleh TNI tidak bisa dilanjutkan.(van)

About uman