Home » Metro Luwuk » Dinsos Batal Pondokkan Eks Gafatar
Dinsos Batal Pondokkan Eks Gafatar
Sejumlah anak dari Eks Gafatar saat berada di gedung SKB belum lama ini. Saat ini mereka telah dikembalikan ke rumah masing-masing.

Dinsos Batal Pondokkan Eks Gafatar

LUWUK-Rencana Dinas Sosial (Dinsos) untuk memondokkan sejumlah Eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) agar terjamin keamannya, sepertinya jauh dari harapan. Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan, Eks Gafatar yang sebelumnya ditampung di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), kini sudah dikembalikan sesuai dengan alamat yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP). “So aman, dorang so karumah masing-masing,” tutur salah seorang pegawai Dinsos yang enggan disebutkan namanya.
Namun ia tidak mau menyebutkan tempat tinggal eks Gafatar saat ini, demi menjaga keamanan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. “Nanti konfirmasi sama Kadis (Syofyan Lalusu,red) supaya jelas,” tambahnya.
Sayangnya, saat dikonformasi melalui seluler, Kadis Dinsos Syofyan Lalusu enggan memberi keterangan. Sementara itu kepala SKB Rohdiana Mang mengaku sudah sejak lama Eks Gafatar tidak lagi berada di SKB. “Sudah lama dorang pigi,” terangnya.
Sebelumnya, Syofyan Lalusu menyatakan, sesuai dengan keputusan rapat oleh tim gabungan, ada beberapa pilihan yang akan diajukan kepada Bupati Banggai Sofhian Mile, salah satunya semua eks gafatar tersebut akan dibuatkan pondok atau tempat tinggal di tiga kecamatan yang sudah ditentukan yakni di wilayah Kecamatan Luwuk, Luwuk Utara dan Luwuk Selatan. “Setelah itu mereka (eks Gafatar,red) akan diberi uang saku untuk modal usaha,” tuturnya. Tak hanya itu, semua Eks Gafatar juga akan dibuatkan kembali surat keterangan domisili sesuai dengan lokasi baru yang ditempati. “Selanjutnya juga akan dibuatkan kartu jaminan kesehatan dan lainnya,” pungkasnya.(ajy)

About uman