Home » Berita Utama » Larang Mobil Masuk Pasar Simpong
Larang Mobil Masuk Pasar Simpong
Kondisi pasar Simpong yang kian semrawut namun tidak mendapatkan perhatian dari pihak pihak terkait.

Larang Mobil Masuk Pasar Simpong

LUWUK—Kondisi pasar simpong belum juga membaik. Berkendaraan roda dua masuk pasar rasanya seperti menyibak belukar. Pasalnya, jalan masuk pasar sudah sangat sempit. Selain karena pedagang mendirikan lapak di pesisir pantai, parkir kendaraan juga semraut.
Kesemrautan dalam pasar makin menjadi ketika mobil pribadi maupun mobil angkutan dibiarkan masuk kedalam.  Salah seorang warga mengatakan, semestinya petugas retribusi parkir melarang warga mengendarai mobil masuk pasar. “Jalan sudah sempit karena lapak PKL, mobil masih juga diizinkan masuk dari dua arah,” gerutu warga minggu lalu.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai, Syamsulridjal Poma, kepada Luwuk Post, menyatakan, untuk membenahi kesemrautan parkir di dalam pasar pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas.
Namun, belum diketahui pasti apakah dengan kebijakan itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika akan melarang mobil mobil masuk dalam pasar atau hanya memerlakukan arus satu arah.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banggai, Hasrin Karim, menegaskan, masalah pasar tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu instansi saja.
Kata dia, untuk membenahi pasar perlu melibatkan beberapa instansi yang tupoksinya berkaitan dengan pasar tersebut. Antaranya Dinas Perumahan Tata Ruang dan Tata Kota, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Satuan Pol PP, Dinas PU dan Badan Penanggulangan Bencana serta Dinas Peternakan Kabupaten Banggai. “Harus disikapi secara terpadu. Masalah pasar tidak akan bisa kalau hanya diselesaikan oleh satu dua instansi,” katanya. (ris)

About uman