Home » Banggai Kepulauan » Pelabuhan Salakan tak Layak Lagi
Pelabuhan Salakan tak Layak Lagi
Pelabuhan Salakan kondisinya sudah tak layak lagi. Pemda Bangkep didesak untuk segera membangun pelabuhan alternatif.

Pelabuhan Salakan tak Layak Lagi

SALAKAN– Kondisi pelabuhan Salakan dinilai tidak layak lagi digunakan. Pelabuhan yang berada di pusat kota Salakan itu terlalu kecil sehingga tidak sepadan lagi dengan tingginya mobilitas bongkar muat barang dan penumpang yang terjadi di pelabuhan tersebut.
Selain ukuran dermaga yang  pendek karena hanya berukuran panjang sekitar empat puluhan meter, luasan area terminal tunggu dari pelabuhan itu juga terbilang sangat sempit. Dengan kondisi itu, dirasakan sangat menghambat kelancaran bongkar muat barang dan penumpang.
Amatan Luwuk Post, terlihat panjang dermaga di pelabuhan Salakan itu hanya bisa menampung satu buah kapal penumpang dengan ukuran sedang. Tak jarang juga, ada kapal yang terpaksa berlabuh di pelahuhan dengan cara bersandar di samping kapal yang berlabuh di dermaga.
Kondisi area terminal juga terlihat memprihatinkan. Luasan area parkir di bagian terminal tunggu, hanya bisa menampung belasan kendaraan roda empat saja. Padahal setiap ada kapal yang berlabuh akan ada puluhan kendaraan melakukan aktivitas di pelabuhan.
“Pemerintah daerah segera melakukan upaya untuk menangani masalah ini, dengan segera menyiapkan dan membangun pelabuhan yang lebih layak,” ungkap anggota DPRD Bangkep, Syarudin Lalu.
Pemda Bangkep sendiri, sejak beberapa tahun belakangan ini sudah mewacanakan pembangunan pelabuhan baru. Sayangnya, wacana itu tidak berbanding lurus dengan kenyataan yang ada. Sebab, hingga sekarang wacana untuk pembangunan pelabuhan baru di Salakan, tak kunjung terealisasikan. (wan)

About uman