Home » Banggai Laut » Dinkes-KB Launching Gerakan SASAIBINO
Dinkes-KB Launching Gerakan SASAIBINO
Bupati didampingi Kadiskes-KB dan sejumlah petinggi dinas itu melakukan foto bersama setelah membuka program Gerakan SASAIBINO.

Dinkes-KB Launching Gerakan SASAIBINO

BANGGAI-Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) kabupaten Banggai Laut menggelar peluncuran perdana Gerakan Sehat, Sayang Ibu, Bayi dan Anak menuju angka kematian NOL (Gerakan SASAIBINO). Program ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan para Kepala Daerah dan petinggi Kesehatan Kabupaten dan Kota dengan Menteri Kesehatan RI belum lama ini di Palu.
Terinspirasi dari pertemuan tersebut, Kadis Kes-KB, H. Ramli Nadjil, SKM,MM menyebutkan bahwa secara garis besar, target yang ingin dicapai dari gerakan ini adalah meningkatkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan diperluas kepada ibu hamil untuk menekan bahkan sedapat mungkin menghilangkan resiko kematian.
Secara integral maksudnya adalah pelayanan yang diberikan merupakan kerjasama penanganan yang intensif antara Dinas Kesehatan dan seluruh perangkat dengan sikap pro aktif ibu hamil dan lingkungan terdekatnya.
“Diharapkan dengan ini, fase kehamilan serta kondisi medik yang menyertainya dapat terpantau maksimal sehingga memudahkan tindakan,” tutur Ramli.
Sedangkan makna diperluas lanjut Ramli adalah pelayanan yang diberikan tidak hanya sebatas masa kehamilan saja namun akan terus dipantau hingga proses persalinan dan pasca melahirkan.
“Kita canangkan empat aktion program yaitu Sosialisasi, Kunjungan Rumah, Pemberian makanan tambahan dan Penanaman pohon Kelor,”  terangnya.
Khusus untuk pohon Kelor, dia menjelaskan bahwa tanaman ini ternyata memiliki banyak kandungan zat Besi yang yang amat dibutuhkan untuk menetralisir keluhan bagi pasien yang mengalami pendarahan atau yang semisalnya.
“Ini langkah sederhana. Sekarang sudah jarang ada pohon Kelor di rumah-rumah warga, padahal selain enak dibuat sayur tumbuhan ini ternyata memiliki banyak khasiat.  Dengan gerakan ini, kami akan galakkan seluruh Puskesmas dan Pustu agar tanam Kelor di halamannya,” tutup Kadis.
Peluncuran Gerakan SASAIBINO dibuka secara resmi oleh Bupati Balut, Drs. H. Wenny Bukamo pada Rabu (16/3) sekira pukul 11.15 waktu setempat. (Sbt/adv)

About uman