Home » Uncategorized » Tidak Dilibatkan, Mahasiswa Siapkan Aksi
Tidak Dilibatkan,  Mahasiswa Siapkan Aksi
Dedi Gale Labaso

Tidak Dilibatkan, Mahasiswa Siapkan Aksi

LUWUK-Mahasiswa Universitas Tompotika (Untika) Luwuk siapkan aksi besar-besaran paska pelaksanaan rapat senat pembahasan Tata tertib (Tatib) pemilihan Rektor Untika, periode 2016-2020, yang digelar disalah satu ruangan kantor rektorat Untika beberapa waktu lalu.
Pasalnya, pelaksanaan rapat Senat Untika tersebut dilakukan tertutup dan tidak melibatkan mahasiswa yang juga mempunyai kepentingan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Rektor Untika kedepan.“Yang memiliki kampus ini bukan hanya senat. Mahasiswa juga punya hak untuk menentukan siapa pemimpin Untika nanti,” ungkap Presiden Mahasiswa (Presma) Untika, Dedi Gale Labaso, Rabu (16/3).
Rencananya, jika dalam rapat senat tersebut mahasiswa dilibatkan, mahasiswa ingin mengusulkan pemilihan Rektor Untika melalui Pemilu Raya (Pemira). Sehingga, mahasiswa dapat menentukan siapa yang pantas untuk memimpin kampus biru itu.
Sementara itu, Wakil Rektor (WR) I Untika, yang juga merupakan Sekertaris Senat, Amiruddin, mengungkapkan, yang berhak untuk menghadiri rapat senat adalah anggota senat. Jika mahasiswa ingin ikut serta dalam rapat senat, hal itu bisa saja terjadi. Namun, mahasiswa hanya bisa menjadi pendengar dan tidak diperkenankan untuk mengajukan usulan.“Karena ini rapat senat, otomatis yang hadir saat itu hanyalah anggota senat. Kalau diundang, boleh-boleh saja mahasiswa hadir. Namun jika tidak diundang dan kemudian hadir, itu sama saja melanggar statuta,” pungkasnya.
Ia menambahkan, jika mahasiswa mempunyai usulan terkait pelaksanaan pemilihan rektor kedepan, seharusnya mahasiswa menginformasikan hal itu kepada WR III sebagai perwakilan mahasiswa. Sehingga, usulan mahasiswa tersebut dapat diajukan dalam rapat senat oleh WR III.”Kalau usulan mahasiswa melalui WR III disepakati anggota senat, bisa jadi pemilihan rektor melalui pemira dapat dilakukan,” tutupnya. (tr-35)

About uman