Home » Luwuk Utara-Timur » Banyak Pemegang KIS Mengeluh
Banyak Pemegang  KIS Mengeluh
Agus Budi

Banyak Pemegang KIS Mengeluh

LUWUK-Dinas Kesehatan (Dinkes) mengakui saat ini banyak warga yang mengeluh akan layanan dari Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pasalnya pihak Puskesmas maupun rumah sakit seakan cuek dan tidak mau melayaninya.
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Pengawasan Obat dan Makanan, Dinkes Kabupaten Banggai Agus Budi menyatakan, ada beberapa faktor yang membuat Puskesmas maupun rumah sakit menolak untuk tidak melayani warga pemegang KIS, yang pertama pemegang kartu tersebut telah meninggal. “Kita liat namanya ada, tapi orangnya sudah meninggal atau pindah,” tuturnya di tengah konfrensi pers di kantor BPJS Kesehatan, Rabu (16/3).
Yang kedua, data diri yang tertera dalam KIS tidak sesuai, sehingga menyusahkan para dokter untuk meyakinkan warga tersebut. “Nama dngan KTP tidak sesuai, sehingga itu tidak bisa dilayani,” tambahnya.
Dan terakhir, meski semuanya lengkap, namun tidak diauki Dinas Sosial (Dinsos) tentunya akan sia-sia. “Ada juga anggapan dari Dinsos, kalau orang ini telah mampu secara ekonomi, jadi kami tidak layani,” pungkasnya. (ajy)

About uman