Home » Banggai Kepulauan » Petani Rumput Laut Bulagi Kecewa
Petani Rumput Laut Bulagi Kecewa
Hasil produksi rumput laut dari petani budidaya di Kecamatan Bulagi menggalami penurunan draktis. Penyebabnya, petani budidaya rumput laut di sana, mengalami gagal panen dalam dua kali masa panen terakhir.

Petani Rumput Laut Bulagi Kecewa

SALAKAN- Nestapa menghampiri ratusan petani budidaya rumput laut di Kecamatan Bulagi. Penyebabnya, karena hasil panen mereka terus anjlok dalam dua kali masa panen terakhir.
“Mungkin penyebabnya karena cuaca,” ucap, Melki, seorang petani budidaya rumput laut di bulagi, ketika ditanya wartawan, Senin kemarin.
Kendati gagal dalam dua kali masa panen sebelumnya, Melki dan para petani rumput budidaya laut lainnya di Bulagi, mengaku tidak kapok.
Mereka berencana, akan kembali menebar bibit rumput laut. Pilihan itu, tentu saja bukan pilihan yang dirasakan tepat. Namun bagi para petani budidaya rumput laut di Bulagi, mereka seperti tidak memiliki pilihan lain.
“Mau tidak mau kita tetap terus berusaha untuk kembali menanam bibit agar (rumput laut, red). Selain menjadi petani rumput laut, kami tidak pilihan pekerjaan lain,” miris Melki.
Pemerintah Kabupaten Bangkep diharapkan dapat memberikan perhatian terhadap masalah yang dirasakan oleh para petani rumput laut di Kecamatan Bulagi.
Minimal wujud perhatian dari pemda ditunjukan dengan memberikan bantuan bibit unggul kepada para petani budidaya rumput laut di Kecamatan Bulagi. Selain itu, penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan hasil produksi panen, merupakan langkah lain yang dapat dilakukan oleh Pemda Bangkep lewat instansi teknis terkait, guna mengakhir nestapa para petani budidaya rumput laut di Kecamatan Bulagi. (wan)

About uman