Home » Kampus » Persiapan Pemilihan Presma Rancu
Persiapan  Pemilihan Presma Rancu
Saiful Basir

Persiapan Pemilihan Presma Rancu

LUWUK-Persiapan pemilihan Presiden Mahasiwa (Presma) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, yang mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dinilai rancu. Setidaknya seperti itu penilaian sejumlah mahasiswa yang tidak sepakat dengan keputusan hasil Musyawarah Luar Biasa (Muslab). Pasalnya, KPUM yang terbentuk paska Muslab beberapa waktu lalu tidak mempunyai landasan untuk melakukan persiapan tersebut.
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP), Saiful Basir, mengatakan, persiapan pelaksanaan pemilihan Presma yang dilakukan KPUM saat ini seharusnya merujuk pada Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) yang dibahas mahasiswa dalam kongres.
Sehingga, ADART tersebut dapat dijadikan landasan KPUM untuk melakukan persiapan, mulai dari seleksi berkas bakal calon presma, penetapan calon, pelaksanaan Pemilu Raya (Pemira) oleh mahasiswa, hingga pelantikan presma terpilih kedepan.
Terkait persoalan tersebut, pelaksanaan kongres mahasiswa atau muslab seharusnya menghasilkan ADART yang sebelumnya dibahas melalui musyawarah mufakat. Namun, menurut Saiful, inilah yang saat ini tidak dipahami oleh pihak penyelenggara muslab.
”Jika mereka (penyelenggara muslab,red) berdalih dengan mengikuti ADART paska kongres 2014-2015, seharusnya ada perubahan-perubahan yang dilakukan dalam struktural dan institusi. Tapi kenyataannya kan tidak ada perubahan sama sekali. Nah, inilah yang kami sebagian mahasiswa menilai, persiapan yang dilakukan KPUM tersebut sangat rancu,” ungkapnya, Senin (14/3).
Sementara itu, keterlibatan WR III, Abd. Ukas, yang mengambil alih kongres dengan melakukan muslab dianggap mahasiswa terlalu berlebihan. Sehingga, mahasiswa merasa tidak lagi memiliki hak demokrasi di kampus hijau itu.
”Karena ini adalah kegiatan mahasiswa, WR III harusnya berikan kesempatan mahasiswa untuk menyelesaikan persoalan ini sendiri, dan bukan mengambil jalan pintas dengan melakukan muslab yang bahkan sebagian mahasiswa tidak dilibatkan,” pungkasnya. (tr-35)

About uman