Home » Kampus » Mahasiswa Demo Depan Rektorat
Mahasiswa Demo  Depan Rektorat
IWAN BOKIN

Mahasiswa Demo Depan Rektorat

LUWUK-Sejumlah mahasiswa Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, yang tergabung dalam Mahasiswa Poros Tengah Untuk Perubahan, gelar aksi di depan kantor Rektorat Untika. Bahkan, dalam aksi tersebut mahasiswa sempat melakukan pemboikotan Kantor Rektorat sebelum Wakil Rektor (WR) II, Jamil Sulaya, memutuskan untuk menemui mahasiswa.
Dalam aksinya, mahasiswa menuntut Senat Untika segera melakukan pembahasan dan pengesahan Tata Tertib (Tatib) terkait pelaksanaan pemilihan Rektor Untika, yang sebelumnya telah diserahkan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor kepada Sekertaris Senat, Amiruddin, beberapa waktu lalu.
“Mengingat waktu pelaksanaan pemilihan rektor sudah sangat dekat, pembahasan tatib tersebut seharusnya sudah dilakukan setelah Sekertaris Senat menerima draft dari panitia penjaringan, dan bukan hanya mendiamkan persoalan ini begitu saja,” ungkap Kordinator Aksi, Iwan Bokir, Jumat (11/3).
Ia juga mengungkapkan, sampai saat ini draft yang telah diterima Sekertaris Senat tersebut belum dilaporkan kepada Ketua Senat untuk ditindak lanjuti. Sehinga, persoalan keterlambatan pembahasan tatib tersebut dinilai merupakan unsur kesengajaan yang dilakukan oleh Sekertaris Senat demi kepentingan pribadinya.
Akibat belum dilakukannya pembahasan tatib, panitia saat ini belum dapat melakukan persiapan apa pun terkait pelaksanaan pemilihan rektor kedepan. Sehingga, mahasiswa pesimis bahwa penyelenggaraan pemilihan sampai dengan pelantikan rektor akan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
“Jika pelaksanaan pemilihan rektor ini molor sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan, jabatan rektor kedepan akan ditunjut Pelaksana Tugas (PLT). Otomatis, masa jabatan Rektor yang telah habis April mendatang akan digantikan oleh Sekertaris Senat sebagai PLT,” pungkasnya.
Terkait persoalan tersebut, mahasiswa mendesak Senat melakukan pembahasan tatib Senin mendatang. Dan akan mengerahkan lebih banyak mahasiswa jika senat belum merespon keinginan mahasiswa itu. (tr-35)

About uman