Home » Banggai Laut » Evaluasi Musrenbang, BKP3 Bakal Tingkatkan Sosialisasi
Evaluasi Musrenbang,  BKP3 Bakal Tingkatkan  Sosialisasi
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyedia Penyuluh (BKP3) Hasmah Umpel, S.Sos, melakukan koordinasi dalam rangka peningkatan pelayanan dan sosialisasi penyuluh.

Evaluasi Musrenbang, BKP3 Bakal Tingkatkan Sosialisasi

BANGGAI – Setelah menggelar forum SKPD sehari sebelumnya, pemerintah kabupaten Banggai Laut pada Jum’at kemarin menuntaskan rangkaian Musrenbang hingga tingkat Kabupaten. Dengan demikian, proses penjaringan usulan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dengan metode Bottom Up (usulan dari bawah) telah disepakati dan siap untuk dikonkritkan dalam bentuk program dan kegiatan di tiap SKPD terkait.
Terdapat beberapa catatan yang mengemuka selama berlangsungnya tahapan Musrenbang sejak dari tingkat Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten kemarin.
Sepanjang pengamatan awak media ini beberapa pimpinan SKPD masih ada yang terkesan tidak siap menjadi motivator untuk menggali usulan masyarakat atau aparat Desa sesuai bidang tugas SKPD bersangkutan. Usulan yang masuk lebih bersifat infrastruktur umum yang terfokus hanya pada persoalan fisik jalan, jembatan dan gedung sementara perhatian kepada masalah pemberdayaan atau investasi yang berjangka panjang, kurang mendapat sentuhan.
Bidang pariwisata dan ekonomi kreatif misalnya. Mungkin karena polanya yang khas dan memerlukan kehalusan pandangan, bidang ini termasuk salah satu yang agak jarang disentuh. Pada Musrenbang kecamatan Bokan Kepulauan, kepala dinas Parekraf, Sardin S. Pilisi bahkan sempat mencak-mencak setelah melihat daftar usulan warga.
Di dalamnya tidak terdapat satupun usul yang mengarah kepada peningkatan sarana prasarana pariwisata, padahal daerah Bokan dan sekitarnya dikenal memiliki sejumlah potensi unggulan yang pantas menjadi target destinasi wisata domestik bahkan mancanegara.  “Bagimana ini, masak tidak ada program Parekraf, coba para Kades bantu masukan dulu,” sergahnya.
Hal yang hampir sama juga terjadi pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyedia Penyuluh. Kelihatannya masyarakat belum begitu bisa membedakan Badan ini dengan Dinas Pertanian sehingga usulan yang berbau Pertanian dan Perkebunan langsung saja dialamatkan ke Distanhutbun.
“Ini petugas Penyuluh harus digenjot sosialisasinya supaya masyarakat paham,” cetus salah satu staf BKP3.
Meski demikian, pada pemandangan akhir Musrenbang tingkat Kabupaten Jum’at (11/3) kemarin, sejumlah pimpinan SKPD menilai berbagai usulan yang terangkat sudah cukup akomodatif dan berimbang. (Sbt/adv)

About uman