Home » Ampana » Diskumperindag Serahkan Bantuan
Diskumperindag Serahkan Bantuan
Kadis Kumperindag Touna Alimudin Mohammad saat menyaksikan ujicoba Mesin Pengurai sabut kelapa yang akan diserahi pada kelompok UMKM

Diskumperindag Serahkan Bantuan

AMPANA-Sejumlah kelompok Usaha Mikro Kecildan Menengah( UMKM ) potensial di daerah ini, mendapatkan bantuan mesin pengurai sabut kelapa dari  Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kabupaten Tojo Una-Una(Touna).
Bantuan teknologi ini diserahkan lagsung Kepala Dinas Kumperindag Touna, Alimudin Mohammad  kepada dua kelompok UMKM masyarakat Kelurahan Uemalingku,Kecamatan Ratolindo dan Kelompok UMKM masyarakat desa Marowo, Kecamatan Ulubongka.
Alimudin menyatakan,  bantuan tahun 2016 ini diberikan  Dinas Kumperindag Provinsi Sulawesi Tengah atas usulan permintaan Diskumperindag setempat melalui proposal yang diajukannya untuk kelompok masyarakat.
“Adapun bantuan yang diberikan ini berupa mesin pengurai sabut kelapa dan mesin pemintal sabut,” jelasnya.
Ia menjelaskan,sabut kelapa di daerah ini jika diolah dengan menggunakan mesin pengurai sabut dapat menghasilkan dua produk, yakni serat sabut kelapa (coco fiber) dan serbuk sabut kelapa (cocopeat).
“Kedua bahan ini dapat dijadikan untuk industri spring bed, matras,sofa,jokmobil,kaset kaki, dan tali serta bahan lainnya,’’tuturnya. (tr-37)

About uman