Home » Metro Luwuk » Perpustakaan Daerah Sepi Pengunjung
Perpustakaan Daerah Sepi Pengunjung
Perpustakaan Daerah Kabupaten Banggai sepi pengunjung. Nampak buku-buku yang berjejer di rak, namun tidak ada yang membacanya, Kamis (3/3).

Perpustakaan Daerah Sepi Pengunjung

LUWUK-Selain minat baca di daerah ini berkurang, lokasi perpustakaan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai belum tersosialisasikan. Alhasil, perpustakaan daerah sepi pengunjung.
Padahal sebelum musibah kebakaran pada 8 Januari 2014 lalu, perpustakaan daerah yang  awalnya berada di samping kantor PLN Luwuk itu ramai dikunjungi warga.  Bahkan bisa mencapai 100 orang perhari. Namun, kali ini menukik tajam, bisa dibilang terbalik 180 derajat. “Bayangkan, sehari saja pengunjungnya bisa mencapai 90 hingga 100 orang 2014 lalu. Itu pada saat kami masih punya kantor sendiri sebelum kebakaran,” kata seorang pegawai perpustakaan Aping, Kamis (3/3).
Dikatakan, paling banyak pengunjung saat ini hanya 2 orang sehari. Menurutnya, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui dimana letak posisi kantor perpustakaan daerah saat ini. “Ya, mungkin orang masih ada yang tidak terlalu paham dimana letak kantornya,” katanya.
Sementara itu, seorang pengunjung Widiawati menyatakan, kantor perpustakaan dan arsip daerah kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, dinilai menjadi sebuah penyebab utama sepinya pengunjung. “Bagaimana mau ramai pengunjung, kalau masyarakat tidak tahu lokasi perpustakaan,” ungkapnya.
Kata dia, meskipun pengunjung saat ini sudah dimudahkan dalam membuat kartu perpustakaan, tetap saja sepi. Karena banyak masyarakat yang  belum mengetahui keberadaan perpustakaan.
Pemda, kata dia, harusnya membuat bangunan sendiri khusus untuk perpustakaan daerah agar pengunjung tidak kewalahan untuk mencari. “Minimal Pemda bangun Rumah Baca Kabupaten Banggai,” harap mahasiswa Unismuh Luwuk itu. (awi)

About uman