Home » Metro Luwuk » Tiga Camat Paparkan Program ke Bupati
Tiga Camat Paparkan Program ke Bupati
Bupati Banggai, HM Sofhian Mile dan sejumlah kepala SKPD saat mendengarkan pemaparan program dari tiga camat se-dataran Toili, Selasa (1/3) sekira pukul 10.00 Wita di kantor kecamatan Toili.

Tiga Camat Paparkan Program ke Bupati

TOILI-Tiga camat memaparkan sejumlah program yang dibutuhkan masyarakatnya di dataran Toili dalam Musrenbang RKPD yang dihadiri Bupati Banggai, HM Sofhian Mile dan sejumlah kepala SKPD Banggai di kantor kecamatan Toili, Selasa (1/3) sekira pukul 10.00 Wita.
Dalam Musrenbang kecamatan yang disatukan itu, Syafruddin Latuba selaku Camat Toili mengungkapkan kebutuhan mereka di wilayah itu antara lain adanya perlengkapan penanggulangan bencana, seperti pemadam kebakaran. Sebab, mereka berkaca pada kejadian kebakaran belum lama ini yang meratakan rumah salah satu warga di Desa Singkoyo. Kemudian permintaan penambahan ambulance dan lampu jalan. Lalu, perahu karet sebab daerah Toili merupakan wilayah yang rawan banjir di musim penghujan.
Sementara itu, Camat Toili Barat, Aris Kalatasik menyampaikan kebutuhan akan perbaikan insfrastruktur jalan sesuai keluhan masyarakat dalam pengajuan pramusrenbang beberapa waktu lalu. Kemudian, sarana dan prasarana kesehatan yang memang masih sangat minim di wilayah itu. Ia berharap apa yang menjadi harapan warga bisa direalisasikan pemerintah kabupaten Banggai. Senada dengan itu, Camat Moilong, Zulkifli Lamanda menyebutkan yang menjadi keluhan warga hingga saat ini di wilayahnya ialah soal kurangnya air irigasi pada musim tanam. Hal itu yang kemudian mendorong masyarakat khususnya petani sawah berharap pemerintah bisa mengucurkan bantuan mesin alkon. Tak hanya itu, wilayah Moilong juga disebutkan membutuhkan kantor UPT Dikpora untuk menjalankan berbagai kegiatan terkait pendidikan.
Terpisah, Kepala Bappeda Ramli Tongko saat mendengar harapan warga mengungkapkan kondisi keuangan daerah saat ini baru sekira Rp1,7 triliun. Jika semua keluhan itu disetujui maka akan menyedot anggaran yang lumayan besar dan diperkirakan mencapai Rp2 triliun lebih. Olehnya, Ia mengatakan akan memilah mana yang akan diprioritaskan, sisanya nanti diajukan pada tahun 2017 mendatang. Diakhir sambutannya, Ramli menyampaikan agara seluruh kepala desa dan aparatnya dapat memfokuskan diri pada program yang membangun kesejahteraan masyarakat dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun kedepan. (tr-39)

About uman