Home » Banggai Laut » Paisumosoni Programkan Hibah Desa
Paisumosoni Programkan Hibah Desa
Dana Desa Paisumosoni untuk tahun anggaran 2016 sebagian akan diproyeksikan sebagai hibah bagi kalangan kurang mampu di Desa itu. Nampak salah satu rumah penduduk yang bakal jadi sasaran penerima dana hibah.

Paisumosoni Programkan Hibah Desa

BANGGAI– Kepala Desa Paisumosoni Kecamatan Banggai Utara, Markoni Sihaka, menawarkan konsep baru pengelolaan Dana Desa. Senin kemarin (29/2), dia mengundang tokoh-tokoh Desa dan seluruh jajarannya untuk serangkaian rapat membahas rancangan usulan pemanfaatan Dana Desa tahun 2016.
Dalam rapat tersebut, selain dibahas sejumlah usul dan saran tentang program pembangunan dan pengefektifan Badan Usaha Desa, Markoni menyampaikan pula idenya dengan mencanangkan suatu program hibah Desa kepada sejumlah warga kurang mampu.
“Jadi bukan hanya dana hibah pusat yang ada, Paisumosoni juga punya program dana hibah,” kelakarnya.
Menurut dia, pemikiran ini muncul setelah pihaknya sering menerima keluhan warga terkait pemberian bantuan sosial ekonomi dari pemerintah baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun dari Pusat yang penerimanya kadang tidak sesuai kondisi sebenarnya di lapangan.
“Ada warga yang berulang kali dapat bantuan, padahal standar hidupnya sudah cukup baik. Sebaliknya beberapa warga yang seharusnya perlu dibantu justeru tidak dapat,” terang Markoni.
Menegaskan pernyataannya, Markoni bahkan mengajak awak media ini mengunjungi salah satu rumah warga yang menurutnya belum pernah tersentuh bantuan. Dia berharap dengan ide ini pihaknya dapat lebih tepat mengidentifikasi data penerima bantuan sesuai kenyataan yang ada.
“Sebelumnya ada 40 orang namun setelah disaring tersisa 22 KK saja yang paling mendesak dibantu. Sifatnya kita kelompokkan mereka sesuai kecenderungan usaha yang dimiliki lalu kita dorong kerjasama usaha sesuai spesifikasi masing-masing. Harapan kami, bantuan hibah ini dapat dikembangkan hingga yang bersangkutan pada akhirnya bisa mandiri,” tutupnya. (Sbt)

About uman