Home » Politik » Alwin Tepis Ancaman Pemecatan Dirinya
Alwin Tepis Ancaman Pemecatan Dirinya
Alwin Palalo

Alwin Tepis Ancaman Pemecatan Dirinya

LUWUK—Ketua Panwasli Kabupaten Banggai, Alwin Palalo menyangkal adanya sanksi pemecatan dirinya dalam amar putusan sidang DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Diakuinya, hasil sidang DKPP mengeluarkan teguran keras kepada Panwasli Banggai. Namun, tegas Alwin, makna teguran keras tersebut bersifat mendidik untuk perbaikan kinerja komisioner kedepan.
“Dasar sehingga dikeluarkannya teguran keras terkait penanganan kasus kedatangan massa pendukung paslon nomor urut 3 (Win Star) di TPS 9 dan 10 kelurahan Simpong, serta kasus money politics di wilayah kecamatan Bunta. Dalam hal itu Panwasli ditegur karena dianggap lalai dalam mengeluarkan putusan atas laporan pelanggaran,” ungkap Alwin, Selasa (1/3).
Lanjut Alwin, mengenai kekeliruan atau kelalaian Panwasli, dalam amar putusan sidang DKPP disebutkan bahwa hal itu dipengaruhi minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) ditengah banyaknya laporan yang masuk serta tidak terdapat unsur kesengajaan yang bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan salah satu paslon. Meskipun wewenang komisioner divisi penanganan pelanggaran, Bobby Dayanun namun, teguran DKPP dialamatkan kepada Alwin Palalo selaku pimpinan yang bertanggungjawab atas lembaganya.
“Jadi teguran yang diberikan hanya karena dua perkara itu. Sedangkan aduan lainnya tidak masuk dalam amar putusan sidang DKPP,” jelas Alwin.
Disampaikannya, saat ini (kemarin red) pihaknya mendapat undangan oleh Bawaslu RI di Jakarta dengan agenda menghadiri ajang Pilkada Award. Dari 200 lebih daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2015, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terpilih sebagai daerah yang pengawasaannya masuk dalam kategori terbaik. Sedangkan Kabupaten Banggai menjadi daerah terbaik se-Sulteng dalam kategori pelaksanaan pengawasan partisipasi.
“Jadi dalam hal ini Banggai menjadi daerah yang intensitas sosialisasi Pilkada damainya terbaik. Tapi tidak sesempurnah yang dibayangkan, kami juga menyadari masih banyak kekurangan, apalagi mengingat kontelasi politik di Kabupaten Banggai yang terbilang panas,” pungkasnya.
Diktehui, dalam ajang Pilkada Award yang diprakarsai Bawaslu RI dihadiri Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, DKPP, KPU serta jajaran Manteri.(man)

About uman