Home » Metro Luwuk » Uji Kendaraan Bermotor Belum Terakreditasi
Uji Kendaraan  Bermotor Belum  Terakreditasi
Lodewyk Pontoh

Uji Kendaraan Bermotor Belum Terakreditasi

LUWUK-Uji kendaraan bermotor (KIR) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banggai ternyata belum terakreditasi, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 133 tahun 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor.
Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan, Lodewyk Pontoh menyatakan, uji kendaraan bermotor di Kabupaten Banggai belum terakreditasi, karena masih menggunakan sistem pengujian manual.
“Sebelum keluar Permenhub 133, masih bisa dilakukan secara manual, namun sekarang tidak lagi. Kendalanya sekarang, peralatan pengujian kendaraan bermotor belum ada. Kalau untuk tempatnya sudah ada yang di terminal Biak. Jadi, kendalanya adalah peralatan,” ungkapnya, Kamis (25/2).
Menurutnya, terlaksana pengujian yang berkualitas, tergantung Pemerintah Daerah (Pemda). Pasalnya, alat pengujian tersebut akan direalisasikan langsung oleh Pemda dan belaku untuk seluruh Indonesia. “Pokoknya tergantung  Pemda saja, kalau mau terakreditasi harus segera direalisasikan peralatan pengujian itu,” tutur Lodewyk.
Ditanya soal target terakreditasi, Lodewyk tidak bisa menjamin. Alasannya dalam Permenhub tersebut dinyatakan, hingga 31 Desember 2016 jika tidak terpenuhi, maka uji kendaraan bermotor dilarang melaksanakan pengujian kendaraan bermotor. “Meskipun, tidak terlalu lengkap alatnya tidak ada masalah. Asalkan, sistem pengujian nanti tidak lagi manual. Kalau sudah ada alat, kami pasti akan segera melaopr untuk diakreditasi,” pungkasnya.
Dia menambahkan, mulai 1 Maret 2016 mendatang, seluruh kendaraan yang ingin melakukan pengujian, harus membawa kendaraannya di tempat pengujian kendaraan bermotor. Kebijakan ini berdasarkan instruksi Dirjen Sarana Perhubungan Darat, Kemenhub RI yang bekerja sama dengan Direktur Bimbingan Keselamatan.
“Kalau dulu hanya bawa berkas, kemudian petugas teknis pengujian yang datang. Sekarang tidak lagi. Kendaraannya harus dibawa langsung ke tempat pengujian. Untuk sementara, kami masih menggunakan tempat yang terdapat di samping kantor Dishub Banggai,” terang Lodewyk. (awi)

About uman