Home » Metro Luwuk » KM Rejeki Baru Kandas di Pulau Peling
KM Rejeki Baru  Kandas di Pulau Peling
KM Rejeki Baru saat berlabuh di dermaga Pelabuhan rakyat Luwuk, Kamis (25/2).

KM Rejeki Baru Kandas di Pulau Peling

LUWUK-Kapal pelayaran antar pulau KM. Rejeki Baru kandas di sekitar pulau Peling, Banggai Kepulauan (Bangkep), Rabu malam (24/2) sekira pukul 18.30 wita. Sesuai jadwal, kapal yang melayani rute Luwuk-Banggai ini, lepas jangkar dari Banggai, Banggai Laut (Balut) sekira pukul 13.00 dan harusnya tiba di Luwuk pukul 21.00 Wita.
Namun, informasi yang dihimpun menyebutkan, kapal yang bermuatan ratusan penumpang ini kandas akibat menabrak karang. Saat kejadian air laut sedang surut. Nahkoda kapal diduga lalai, sehingga tidak bisa menghindar ketika karang sudah di depan mata. Untuk keluar dari karang tersebut, para perwira kapal harus menunggu hingga air laut pasang. Sekira pukul 00.30 kapal berhasil keluar dan melanjutkan pelayaran.
“Pokoknya ba’da Magrib kapal ini kandas di sekitar pulau Peling. Kami (penumpang,red) harus menunggu sampai tengah malam baru kapal bisa jalan. Kami sudah kelaparan di dalam kapal, baru tidak ada bantuan,” ungkap seorang penumpang Ece saat ditemui koran ini, Kamis (25/2).
Ece mengungkapkan, kejadian itu sempat memubuat penumpang panik. Kapal yang seharusnya tiba pukul sembilan malam  itu akhirnya tiba di pelabuhan Luwuk dinihari, atau tepatnya pukul 04.30 wita. “Kami tiba di Luwuk sudah selesai salat subuh,” tuturnya.
Terpisah, salah satu anggota Sub Polsek Pelabuhan Luwuk membenarkan kejadian tersebut meskipun tidak mengetahui secara pasti. “Coba tanyakan langsung ke agen KM Rejeki Baru,” tandasnya.
Ditanya keberadaan kantor Syahbandar yang terdapat di Pelabuhan Rakyat tersebut, ia tidak tahu keberadaan pegawai. “Kalau pegawainya jarang disini,” ungkapnya. (awi)

About uman