Home » Banggai Laut » Kinerja Dikbudpora Disorot
Kinerja Dikbudpora Disorot
Azis Suludani, S.Pd, SH. MH

Kinerja Dikbudpora Disorot

BANGGAI – Kinerja Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Banggai Laut (Balut) kembali mendapat sorotan. Pasalnya, hingga saat ini laporan administrasi keberadaan nilai aset yang dikelola SKPD yang dipimpin Azis Suludani, S.Pd. SH. MH itu belum juga tuntas padahal jadwal penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Balut sudah harus selesai dalam bulan ini juga.
Keadaan ini tak pelak membuat kalangan petinggi Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA-D) kabupaten Banggai Laut, gerah. Menurut salah seorang sumber dari bidang aset DPPKA-D penyusunan daftar dan nilai aset setiap SKPD merupakan hal yang penting karena menjadi salah satu unsur penentu penilaian keberhasilan pengelolaan administrasi keuangan daerah.
“BPKP sudah mendesak agar LKPD segera dimasukkan, tapi bagimana torang mo selesaikan sementara beberapa Dinas dan Instansi belum siap laporan asetnya,” ujar sumber.
Kepala Bidang Aset DPPKA-D, Syafrudin Husain membenarkan pernyataan stafnya tersebut. Dijelaskannya bahwa untuk penyusunan LKPD, pihaknya mutlak membutuhkan data lengkap terkait pengelolaan keuangan dan inventarisasi aset di tiap instansi.
“Jadi kalau belum lengkap atau masih ada SKPD yang belum memasukkan, kita juga tidak bisa bikin LKPD,” tuturnya.
Menurutnya, dinas Dikbudpora merupakan salah satu SKPD yang belum memasukkan laporannya. Syafrudin juga agak menyesalkan sikap dinas tersebut yang dinilainya jarang mengkomunikasikan perkembangan penyusunan pelaporannya ke bidang Aset.
“Seharusnya mereka proaktif supaya kita tahu dimana kendalanya dan apa yang barangkali bisa dibantu,” kata dia.
Kepala Dinas Dikbudpora, Azis Suludani belum berhasil dikonfirmasi namun salah satu pegawainya mengaku tim keuangan di internal mereka saat ini sedang berusaha keras untuk sesegera mungkin menyelesaikan laporan dimaksud. (Sbt)

About uman