Home » Berita Utama » Bakal Calon Kades Cukup Lima Orang
Bakal Calon Kades Cukup Lima Orang
MUDJIONO

Bakal Calon Kades Cukup Lima Orang

LUWUK-Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dalam waktu dekat ini akan segera ditetapkan DPRD Banggai.
“Setelah dilakukan perbaikan kami akan segera bawa kembali di dewan untuk ditetapkan sebagai perda,” jelas Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan (Kumdang), Setda Banggai Mudjiono, Kamis (25/2).
Menariknya, dalam salah satu klausul pasal Ranperda tersebut, gelaran pilkades di setiap desa yang melaksanakannya, hanya menetapkan 5 bakal calon kepala desa.
“Kalau misalnya ada lebih dari lima calon yang akan maju pada pilkades akan diseleksi. Tetapi tidak merubah subtansi tetap pada 5 calon yang maju pada pilkades nantinya,” jelasnya.
Pembatasan lima calon kepala desa itu sesuai dengan regulasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014 yang telah diubah menjadi PP nomor 47 tahun 2015 tentang penjabaran undang undang tentang desa. “PP itu menyebutkan bahwa calon kepala desa yang akan ikut di pilkades cukup 5 calon saja. Semangat adalah pilkades itu hasilnya benar benar melahirkan kepala desa yang berkualitas, berintegritas  dan punya komitmen untuk membangun desanya seiring dengan otonomi pengelolaan dana desa,” tuturnya. (bd)

About uman