Home » Metro Luwuk » Masa Kadaluarsa Kondom Maksimal 5 Tahun
Masa Kadaluarsa Kondom Maksimal 5 Tahun
Rampia Lamiri

Masa Kadaluarsa Kondom Maksimal 5 Tahun

LUWUK– Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai, Rampia Lamiri, menjelaskan, kadaluarsa pemakaian alat kontrasepsi kondom, setelah mencapai lima tahun maksimal tidak terpakai.
“Setelah lebih dari masa itu harus dimusnahkan. Sebab sudah kadaluarsa. Dan pemusnahannya harus ada berita acara,” terang Rampia, Kamis (22/1).
Klasifikasi dan jenis kondom, terang Rampia, terbagi atas dua jenis. Yakni, ada kondom laki laki dan kondom milik perempuan. “Kondom ada dua macam. Ada untuk perempuan dan ada untuk laki laki,” sebutnya.
Meski sudah menggunakan Kondom, tapi tidak menutup kemungkinan akan terkena penyakit mematikan itu. Apalagi misalnya ujung kondom bocor. Sehingga dalam penggunaannya memerlukan sebuah ketelitian. Biasanya, tambah dia, yang paling rentan terinfeksi adalah kebanyakan kaum adam.
“Yang paling rentan itu laki laki. Kalau dia PSK sudah jelas. Kalau pelanggan, masalahnya sulit dibedakan, tidak ada yang mengaku,” ujarnya.
Dia mengimbau kepada pemakai jika membutuhkan segera datang langsung di Sekretariat KPA atau di Dinkes Banggai.
“Jika seumpama ada yang segan, bisa langsung menghubungi tenaga konselor yang siap dipanggil kapan saja ketika dibutuhkan,” tukasnya. (ir)

About uman