Home » Banggai Kepulauan » Totikum Selesaikan Musrenbang Desa
Totikum Selesaikan  Musrenbang Desa
Jein Rorimpande

Totikum Selesaikan Musrenbang Desa

SALAKAN-Sebelas desa se-Kecamatan Totikum menyelesaikan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) di tingkat desa.
Camat Totikum, Dra. Jein Rorimpande, membenarkan kabar itu, kepada Luwuk Post, Jumat (15/1).

Jein mengatakan, semua desa di Totikum telah memiliki perioritas kebutuhan pembangunan yang disesuaikan dengan anggaran.
“Pelaksanaan dilakukan bersamaan, tetapi hasilnya dipisahkan berdasarkan rencana pembiayaan. Yang akan dibiayai oleh Dana Desa di tahun 2016 telah dipisahkan dengan yang nantinya akan dibiayai oleh APBD Bangkep tahun 2017 mendatang,” jelas Jein.
Khusus yang dibiayai APBD Bangkep tahun 2017 mendatang, daftar usulannya akan disatukan dalam usulan hasil Musrenbang Kecamatan. Nantinya usulan itu,  diajukan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkep, pada momen Murenbang Kecamatan yang rencananya akan dilakukan Februari mendatang, sebagai usulan pembangunan dari Pemerintah Kecamatan Totikum.
Dari usulan masing-masing desa, kata Jein, terbanyak adalah usulan pembangunan fisik yang berhubungan dengan penyedian insfrastruktur pendidikan, kesehatan dan sarana dan prasarana umum lainnya.
Pihaknya ikut memfasilitasi pelaksanaan Musrembang  untuk memastikan setiap usulan pembangunan yang diajukan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat desa setempat dan perioritas untuk direalisasikan. (wan)

About uman