Home » Ekonomi » Populasi Sapi Diprediksi Bertambah 10 Ribu Ekor
Populasi Sapi Diprediksi Bertambah 10 Ribu Ekor
Panen pedet sapi pada tahun 2016 ditargetkan mencapai 10 ribu ekor.

Populasi Sapi Diprediksi Bertambah 10 Ribu Ekor

LUWUK—Dinas Peternakan Kabupaten Banggai menargetkan panen pedet sapi sekira 10 ribu ekor selama tahun 2016.
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Banggai, Ir. Zulkarnain Mang, MM, kepada Luwuk Post, mengatakan, populasi ternak sapi itu bakal meningkat karena keberhasilan program inseminasi buatan (IB) yang menyasar sekira 8500 ternak sapi tahun 2015 lalu. Selain inseminasi buatan atau kawin suntik yang didanai dengan anggaran pemerintah pusat itu,  Dinas Peternakan juga melaksanakan inseminasi buatan untuk sekira 900 ekor ternak sapi yang didanai APBD Kabupaten Banggai 2015.
Inseminasi buatan dilakukan tiga tahap sejak tanggal 31 Maret lalu dihampir seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Banggai.“IB dilakukan tiga tahap, dengan tingkat keberhasilan diprediksi 100 persen,” katanya.
Prediksi tersebut tak akan meleset, sebab tiga bulan setelah dilakukan inseminasi buatan, dilakukan pemeriksanaan kebuntingan.“Tiga bulan setelah IB dilakukan pemeriksaan kebuntingan dan diketahui tingkat keberhasilan IB diatas 100 persen,” tambahnya.  Dengan masa kehamilan sembilan bulan, Ia menyatakan, panen pedet akan mulai terlihat bulan Januari 2016. (ris)

About uman