Home » Ekonomi » Mana Rp400 Miliar Pertahun?
Mana Rp400 Miliar Pertahun?

Mana Rp400 Miliar Pertahun?

LUWUK— Kabupaten Banggai kini telah menjadi salah satu daerah pengahasil gas di Indonesia. Sayangnya, janji yang dilontarkan sejumlah pihak di balik proyek gas di Batui beberapa waktu lalu sebelum proyek itu jalan, ternyata tidak sesuai dengan kenyataan saat ini.
Adalah janji kemungkinan daerah akan medapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) atas eksploitasi Gas dari perut bumi Kabupaten Banggai hingga mencapai Rp400 miliar per tahun, ternyata tidak sesuai harapan. Kabupaten Banggai sudah memproduksi gas sejak tahun 2015 lalu. Pada tahun lalu, dalam APBD Kabupaten Banggai tertera dana bagi hasil gas adalah sebesar Rp18 miliar.
Kemudian pada penetapan APBD 2016 beberapa waktu lalu, juga ditetapkan sebesar Rp86 miliar lebih. Jumlah itu jauh dari harapan. Padahal saat awal awal proyek gas di Batui itu dibicarakan, pemerintah pusat maupun pihak perusahaan sering memberikan iming-iming bila daerah ini akan mendapatkan bagian sekira Rp400 miliar per tahun.
Faktanya, hingga APBD 2016 ditetapkan, ternyata sebagai daerah penghasil, Kabupaten Banggai haya memperoleh dibawah dari 30 persen dari nilai yang digembar gemborkan sebelumnya.(far)

About uman