Home » Kampus » Seminar Hasil PKM Tahap Pertama
Seminar Hasil PKM Tahap Pertama
Tim PKM Fakultas Teknik Unismuh Luwuk menggelar seminar seminar hasil tahap pertama, Senin (11/1).

Seminar Hasil PKM Tahap Pertama

LUWUK— Perkembangan teknologi informasi di era saat ini semakin mengarah ke era digital tak bisa kita hindari. Pergeseran dalam sistem bekerja dari proses manual ke digital semakin menuntut adanya penguasaan teknologi bagi para insan manusia. Selain itu penerapan sistem informasi dan teknologi informasi tentu akan sangat membantu dalam penyebaran informasi dari satu ruang tertutup menuju ruang terbuka (era globalisasi).
Karena itu, desa yang merupakan salah satu unit organisasi terkecil yang ada dalam tatanan sistem pemerintah daerah, sejatinya mulai mengenal manfaat sistem informasi dan penerapan teknologi informasi.
Terkait hal ini, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Luwuk melakukan penelitian PKM. Penelitian bertema Penerapan Sistem Informasi Melalui Pembuatan Sistem Informasi Bagi Desa Buon Mandiri Kec. Luwuk Utara Kab. Banggai itu digelar di ruang seminar hasil Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Luwuk, Senin (11/1).
Seminar yang dimulakan pukul 09.00 Wita dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Luwuk Sri Agustina. Turut hadir aparat Desa Buon Mandiri yang terdiri dari Kepala Desa, Sekertaris Desa dan 2 (dua) orang operator desa.
Materi yang disampaikan dalam seminar adalah Pengantar Pengenalan Sistem Informasi, peran Teknologi Informasi dan Pelatihan Pengelolaan website Desa Buon Mandiri tahap pertama. Untuk materi pelatihan pengelolaan, para operator desa dilatih secara langsung agar dapat secara mandiri mengelola dan mengembangkan website desa.
Ketua Tim PKM Yusuf Ayuba, S.Kom, MM yang didampangi Anggota tim, Cahyaning Raheni, S.Kom. MM dalam sesi terakhir menitipkan pesan kepada kepala desa agar website hasil PKM dapat dikembangkan secara kontinu dan berkesinambungan sehingga tercipta sebuah sistem informasi yang bisa bermanfaat baik bagi warga desa Buon sendiri maupun bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. (ris)

About uman