Home » Banggai Laut » Markoni Sihaka Kritisi Pendamping Lokal Desa
Markoni Sihaka Kritisi Pendamping Lokal Desa
Markoni Sihaka

Markoni Sihaka Kritisi Pendamping Lokal Desa

BANGGAI-Keberadaan tenaga teknis dan administratur pengelolaan program desa dan pemanfaatan penggunaan dana sehingga tepat sasaran dan tepat prosedur, sangat dibutuhkan. Apalagi jika dikaitkan dengan pengalokasian dana pemerintah Kabupaten yang makin lama makin fenomenal.
Meski sejumlah pelatihan bagi para kades dan aparatnya cukup rutin digelar BPMP-PD. Namun, fungsi pendampingan oleh tenaga ahli yang disediakan khusus untuk itu tetap diperlukan.
Pandangan ini dikemukakan kepala desa Paisumosoni, Markoni Sihaka saat menerima wartawan di kediamannya, beberapa waktu lalu.
“Peran ini yang diharapkan dari Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa,” kata dia.
Markoni melihat urgensi persoalan karena petugas yang difasilitasi BPMP-PD tersebut dalam kenyataannya belum menjalankan fungsinya secara maksimal.
“Harus ada evaluasi sistematis dari BPM terkait etos kerja dan kualifikasi yang bersangkutan, agar honorarium yang dikeluarkan untuk membayar mereka sebanding dengan hasil kerja yang diberikan,” tandasnya.
Tanpa bermaksud mengadu, kades yang dikenal dekat dengan warganya ini menilai sejumlah tenaga pendamping yang ditugaskan masih sangat kurang dalam memberikan pelayanan terkait penyusunan APBDes dan penyusunan program Desa lainnya yang menjadi tupoksi mereka.
“Saya kira ini harus jadi perhatian. Termasuk menghadiri rapat-rapat Desa atau Kecamatan,” pungkasnya. (Sbt)

About uman