Home » Ekonomi » Banggai Masuk Program SPR
Banggai Masuk Program SPR
Zulkarnain Mang

Banggai Masuk Program SPR

LUWUK– Kabupaten Banggai masuk sebagai salah satu daerah di Sulteng, yang akan menjadi lokasi pelaksanaan program Sentra Peternakan Rakyat (SPR) tahun 2016.
Di Sulteng, selain Kabupaten Banggai, terdapat juga di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Kepala Dinas Pertanian Banggai, Zulkarnain Mang Senin (11/1) kemarin mengatakan, tahun 2016 daerah ini masuk dalam program SPR yang mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp2 miliar.
“Anggaran hampir 2 miliar. Pengurus sudah mengirimkan berkasnya ke pusat, dan itu semua juga ditanggung oleh pusat,” tuturnya.
SPR merupakan program Kementerian Pertanian yang sudah diterapkan di beberapa daerah. Menurut Zulkarnain, program SPR ini sangat penting untuk mengenalkan para peternak mengenai kelembagaan, serta menjalankan usaha ternak.
“Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak rakyat, dan meningkatkan kemudahan pelayanan teknis dan ekonomis bagi peternak rakyat,” katanya.
Ia menambahkan, SPR sudah diuji coba di sejumlah titik. Uji coba ini telah sukses dilaksanakan dan akan direplikasi di beberapa daerah.
“Kabupaten Banggai adalah kabupaten ke 3 di Sulteng, dari 50 kabupaten se Indonesia,” tuturnya.(Ir)

About uman